Kenalkan Akuakultur kepada Masyarakat, Ini yang Dilakukan Mahasiswa IPB University

Kenalkan Akuakultur kepada Masyarakat, Ini yang Dilakukan Mahasiswa IPB University

kenalkan-akuakultur-kepada-masyarakat-ini-yang-dilakukan-mahasiswa-ipb-university-news
Student Insight

Himpunan Mahasiswa Akuakultur (Himakua), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), IPB University adalah salah satu organisasi mahasiswa yang beranggotakan mahasiswa aktif dari Departemen Budidaya Perairan (BDP) FPIK IPB University. Misi penting yang dilakukan Himakua yaitu memberikan kontribusi bagi perkembangan akuakultur Indonesia.

Organisasi mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1989 ini memiliki tujuan untuk menampung, menyalurkan, mengembangkan dan merealisasikan pengetahuan mahasiswa di bidang ilmu dan profesi akuakultur. Hal tersebut direalisasikan dengan banyaknya kegiatan menarik yang diadakan oleh Himakua tiap tahunnya.

Ketua Umum Himakua FPIK IPB University 2018/2019, Rafi Kemal menyatakan bahwa kegiatan menarik yang dilakukan Himakua pada masa jabatan 2018/2019 antara lain  Aquafest (Aquaculture Festival), Aquabindes (Aquaculture Bina Desa), Bazoqa (Bazaar of Aquaculture), PKM Hatchery, dan WEFA (World of Exotic Fish and Aquascape). Semua kegiatan yang dilaksanakan berhubungan erat dengan keprofesian akuakultur.

“Kegiatan tersebut dirancang sedemikian rupa berdasarkan tiga pilar yang diusung oleh Himakua yaitu untuk pengabdian, peningkatan prestasi, dan keprofesian akuakultur,” tegasnya.

Aquafest adalah salah satu acara besar yang berhasil dihelat oleh Himakua. Acara ini mengajak generasi milenial untuk turut andil dalam sektor perikanan. Dukungan dari berbagai pihak diperoleh untuk menggelar acara ini.

Himakua juga turut berperan dalam peningkatan jiwa wirausaha mahasiswa BDP melalui kegiatan Bazoqa dan WEFA yang menghadirkan pasar ikan hias. Mulai dari kura-kura, tanaman hias, hingga kebutuhan akuaskap.

Rafi Kemal mengaku bahwa dengan ikut berperan aktif dalam Himakua memiliki banyak keuntungan. Hal tersebut dikarenakan anggota Himakua memiliki wadah untuk lebih mengenal bidang akuakultur lebih luas karena banyak hal yang tidak diperoleh di perkuliahan tetapi didapatkan saat menjalankan kegiatan Himakua.

“Di Himakua kita jadi tahu tentang jenis pekerjaan lulusan sarjana akuakultur, mengetahui permasalahan langsung di lapang, menjalin relasi dengan stakeholder akuakultur. Selain itu, menjadi pengurus Himakua dapat menjadi sebuah kebanggaan baik saat masih menjadi mahasiswa maupun sudah lulus nanti,” tutup Rafi Kemal. (Dinul/Zul)

Kata kunci: Akuakultur, himakua, ikan, IPB University, kegiatan, mahasiswa, profesi, wirausaha