IPB University Lakukan Penjaminan Mutu Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat

IPB University Lakukan Penjaminan Mutu Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat

ipb-university-lakukan-penjaminan-mutu-kegiatan-pengabdian-kepada-masyarakat-news
Berita

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University menyelenggarakan kegiatan Seminar Hasil Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2019 pada 19-20/11 di Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Sebanyak 74 judul kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh dosen IPB University yang bekerja dengan mitra pemerintah daerah dan swasta dipresentasikan. Kegiatan ini dipandu  moderator, Dr Prayoga Suryadarma, Kepala Bidang Program Pelayanan kepada Masyarakat LPPM IPB University dan Dr Ninuk Purnaningsih, Kepala Bidang Program Kuliah Kerja Nyata dan Pengabdian Mahasiswa LPPM-IPB University.

Dalam laporannya Wakil Kepala LPPM IPB University Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Prof Sugeng Heri Suseno menyampaikan, pelaksanaan kegiatan seminar pengabdian kepada masyarakat merupakan  bentuk quality insurance (penjaminan mutu) kegiatan pengabdian kepada masyarakat di seluruh unit IPB University.

“Ke depannya, seluruh kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat disatukan dalam sistem abdimas IPB University sesuai dengan roadmap pengabdian kepada masyarakat tahun kedua yaitu sistematisasi program. Selain itu, kita juga dapat mendesain kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terukur dalam output abdimas dalam bentuk publikasi jurnal atau forum ilmiah," ujar Guru Besar IPB University.

Kepala LPPM IPB University, Dr Aji Hermawan mengatakan,  para dosen di IPB  University  telah memiliki karakter dan nilai yang kuat untuk mengabdi tanpa melihat adanya korelasi dengan nilai kredit kumulatif.  “Kegiatan penelitian atau pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan kita coba untuk diformalkan. Maksudnya, secara esensial kegiatan pengabdian telah banyak dilakukan oleh teman-teman dari pusat-pusat studi, fakultas maupun departemen. Kegiatan tersebut perlu dicatat dan diadministrasikan yang kemudian dapat kita coba mendiseminasikan hasilnya kepada masyarakat, sehingga kita berharap agar kegiatan pengabdian yang telah dilakukan oleh IPB University memberikan impact rangking yang tinggi terhadap masyarakat," kata dosen IPB University.

Dr Aji berharap dengan diselenggarakannya seminar hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat kerjasama IPB University dengan pemerintah daerah dan swasta dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat, menghasilkan masyarakat yang lebih baik, memberikan pengetahuan yang lebih baik dan berdampak kepada masyarakat.

Hadir juga dalam acara tersebut Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Penelitian, Prof  Agik Suprayogi  dan Sekretaris LPPM IPB University, Prof Faiz Syu’aib. (WD/Awl)