Intercafe Pamerkan Produk UMKM Binaannya di Pelabuhan Ratu

Intercafe Pamerkan Produk UMKM Binaannya di Pelabuhan Ratu

intercafe-pamerkan-produk-umkm-binaannya-di-pelabuhan-ratu-news
Berita

Pusat Studi Internasional Ekonomi dan Keuangan Terapan (Intercafe) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University pamerkan produknya dalam Pameran Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) di Lapangan Cangehgar, Pelabuhan Ratu-Kabupaten Sukabumi (10-14/9). Pameran ini merupakan hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Sookmyung Women University-Korea.

Intercafe memamerkan produk UMKM binaannya dari empat desa di Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi yang telah dibina sejak tahun 2018-2019 melalui Program Village Empowerment Project to Promote Sustainable Community Developmnet through Innovative Integration of Science and Technology.

Dalam proses pembinaan, peran Intercafe adalah memberi pelatihan bisnis dan information and communications technology (ICT) serta membantu dalam hal diversifikasi produk olahan pertanian dan perikanan, promosi, marketing, desain kemasan serta pengenalan pemasaran melalui online hingga pelatihan keamanan pangan serta mengurus Perijinan Produk Industri Rumah Tangga (PIRT).

Kepala Intercafe LPPM IPB University, Dr. Tanti Novianti mengatakan, “Ini merupakan bentuk kepedulian Intercafe dalam pengabdian kepada masyarakat khususnya ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui kegiatan pengolahan dan pemasaran hasil pertanian dan perikanan yang ada di sekitar.”

Pernyataan ini diperkuat oleh Ketua Tim Intercafe untuk pameran ini, Dr Lukitawaty Anggraeni, “Keikutsertaan Intercafe dalam pameran bertujuan sebagai ajang promosi bagi produk UMKM yang telah dibina agar memperoleh pemasaran yang semakin luas.” (*/Zul)