IPB Terima Kunjungan 155 Peserta Diklat CPNS

IPB Terima Kunjungan 155 Peserta Diklat CPNS

ipb-terima-kunjungan-155-peserta-diklat-cpns-news
Berita

Institut Pertanian Bogor (IPB) menerima kunjungan peserta Diklat Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III di Gedung Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Dramaga Bogor, Senin (23/7). Kegiatan yang diorganisir Pusat Pengembangan Badan Kepegawaian Negara (BKN) ini dihadiri oleh 155 orang CPNS yang berasal dari BKN, Badan Ekonomi Kreatif dan Badan Informasi Geospasial serta 8 orang pendamping.

“Dalam kunjungan ini peserta sebanyak 155 orang sedang menjalani pelatihan CPNS atau pra-jabatan. Selama kurang lebih 40 hari peserta belajar in campus (off the job training) dan dilanjutkan habituasi yaitu mengaplikasikan materi-materi yang telah didapat di dalam kelas,” ujar perwakilan BKN, Agung Purmindarto.

Kepala Kantor Manajemen Mutu dan Audit Internal (KMMAI) IPB selaku nara sumber, Dr. Ibnul Qayim menyampaikan bahwa butuh cara untuk menyampaikan informasi-informasi ke publik. “Semua aktivitas penelitian yang dilakukan oleh IPB dibiayai oleh negara. Teman-teman duduk di sini dibiayai negara. Oleh karena itu, mengabdi dan bekerja itulah bentuk pertanggungjawaban kita. Kita tidak boleh korupsi, setiap rupiah yang kita dapatkan akan diminta pertanggungjawaban,” sebutnya.

Dr. Qayim memaparkan perkembangan IPB dari mulai awal didirikan, kiprah IPB di berbagai bidang keilmuan hingga inovasi-inovasi yang dihasilkan. Dr. Qayim berharap pemuda-pemudi yang lolos CPNS inilah muncul jiwa-jiwa kepemimpinan sebagai bentuk pertanggungjawaban yang baik kepada negara. “Tugas anda adalah menyampaikan virus bahwa anak bangsa adalah generasi yang hebat.

 Seluruh peserta mendapatkan sharing pengalaman, berdiskusi dan melihat langsung penerapan implementasi akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, anti korupsi, manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), whole government dan pelayanan publik di delapan unit kerja di IPB yaitu Direktorat Keuangan dan Akuntansi, Unit Transportasi Kampus, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir (DitmawaPK), Perpustakaan, KMMAI, Direktorat Sumberdaya Manusia (SDM), Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital (DSITD), dan Biro Komunikasi. Setelah itu hasil kunjungan akan disusun sebagai laporan dan didiskusikan di kelas diklat. (FI/Zul)