Dewan Guru Besar IPB Gelar Pleno ke-3

Dewan Guru Besar IPB Gelar Pleno ke-3

dewan-guru-besar-ipb-gelar-pleno-ke-3-news
Berita

Dewan Guru Besar (DGB) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar pleno ke-3, di Ruang Sidang Senat Akademik Kampus IPB Dramaga, Bogor (19/12). Salah satu agendanya adalah menyampaikan nama-nama Guru Besar yang jumlah total naskah terindeks scopus terbanyak. Para guru besar tersebut ialah Prof. Daniel Murdiyarso, Prof. Husin Alatas, Prof. Cece Sumantri,  Prof. Dondin Sajuthi,  Prof. Antonius Suwanto, Prof. Arief Boediono, Prof. Komang Gede Wiryawan, Prof. Yusuf Sudo Hadi, Prof. Maggy Thenawidjaja, dan Prof. Marimin.

Kemudian, Guru Besar yang terindeks scopus terbanyak seperti yang diisyaratkan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI di periode tahun 2015-2017 adalah  Prof. Yusli Wardiatno, Prof. Husin Alatas, Prof. Komang Gede Wiryawan, Prof. Widanarni, Prof. M. Zairin Junior, Prof. Agus Suprayudi, Prof. Daniel Murdiyarso, Prof. Dewi Apri Astuti, Prof. Marimin, dan Prof. Aji Hamim Wigena.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Guru Besar IPB, Prof. Dr. Yusram Massijaya. Selain itu, disampaikan juga capaian dan kegiatan Dewan Guru Besar selama tahun 2017 di antaranya telah menyelesaikan agenda pelaksanaan penyelenggaraan orasi Dewan Guru Besar IPB. 

Dalam kesempatan ini, ucapan terima kasih dari Ketua DGB kepada Rektor IPB periode 2012-2017, Prof. Dr. Herry Suhardiyanto yang telah memfasilitasi pelaksanaan orasi ilmiah dengan baik sejak tahun 2015 hingga 2017. DGB juga telah memfasilitasi penerbitan buku tulisan Guru Besar IPB sebanyak 44 judul telah diterbitkan oleh penerbit IPB Press.

Di samping itu, DGB IPB sebagai koordinator Tim Indonesia telah berhasil menyelenggarakan Konferensi dan Diskusi Meja Bundar Ikatan Profesor Indonesia – Malaysia (IPIMA) pada tanggal 6-9 November di Malaysia yang diikuti oleh 113 peserta dan jumlah paper yang dipresentasikan sebanyak 78 paper.

Saat ini IPB memiliki total Guru Besar sebanyak 247 orang, dengan 225 Guru Besar Tetap. Dalam acara ini diumumkan juga Guru Besar baru IPB antara lain Prof. Widanarni dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Prof. Faiz Syuaib dari Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), Prof. Widiatmaka dari Fakultas Pertanian (Faperta), Prof. Muh Agus Suprayudi dari FPIK, Prof. Asnath Maria Fuah dari Fakultas Peternakan (Fapet), Prof. Dodik Ridho dari Fakultas Kehutanan (Fahutan), Prof. Yandra Arkeman dari Fateta, Prof. Husin Alatas dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Prof. Agus Buono dari FMIPA.(dh)