Pertemuan MWA 11 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Hasilkan Komunike Bersama

Pertemuan MWA 11 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Hasilkan Komunike Bersama

IMG_0434
Berita
Pada tanggal 17-18 Maret 2016, 11 Majelis Wali Amanat (MWA) Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) menggelar pertemuan dengan tuan rumah Universitas Airlangga (Unair), Surabaya. Pertemuan ini digelar di   Kampus C Mulyorejo.  Inisiatif pertemuan dilakukan oleh MWA Unair bersama-sama  dengan MWA Institut Pertanian Bogor (IPB).
Pertemuan ini diikuti  11 MWA  PTN BH yaitu: IPB, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Insitut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sumatera Utara (Unair), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Surabaya (ITS), dan  Universitas  Hasanuddin (Unhas).
Pertemuan MWA 11  PTN BH  dibuka secara resmi oleh Ketua MWA Unair, Letjen (Purn) Sudi Silalahi, (17/3). Pertemuan MWA 11 PTN BH ini telah berhasil mengeluarkan Komunike Bersama Pimpinan MWA PTN BH yang ditandatangani oleh para Pimpinan MWA 11 PTN BH.  Isi komunike bersama adalah sebagai berikut:
Pimpinan MWA 11 PTN BH menyadari bahwa PTN BH memiliki peran yang strategis dalam membangun daya saing bangsa di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, kebudayaan dan peradaban yang unggul menuju masyarakat yang adil dan sejahtera.  MWA PTN BH memiliki tugas dan tanggungjawab untuk mendorong terlaksananya penyelenggaraan pendidikan tinggi yang berkualitas, dengan tata kelola organisasi dan keuangan PTN BH yang transparan dan akuntabel.
Pimpinan MWA sebelas PTN BH bersepakat unutk membentuk sebuah wadah bersama dalam bentuk Forum Kerjasama MWA PTN BH agar menjadi tempat berbagi praktik tata kelola yang baik dan mencari solusi bagi permasalahan bersama yang dihadapi PTN BH. Pada saat yang sama untuk menjalankan perannya sebagai mitra pemerintah dan masyarakat, PTN BH perlu mendapatkan jaminan atas kebebasan akademik dan otonomi.
Forum Kerjasama MWA PTN BH ini diharapkan dapat menjadi fasilitator bagi PTN BH dan Kementerian serta pemangku kepentingan lainnya yang dibidang tugasnya terkait dengan pelaksanaan program kerja, pengelolaan organisasi dan keuangan PTN BH.  Forum Kerjasama MWA  11 PTN BH menyadari bahwa dukungan pemerintah sangat diperlukan dalam rangka menjadikan PTN BHmampu bersaing di tingkat internasional, dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta mendukung pertumbuhan ekonomi nasional melalui hilirisasi inovasi.
Forum Kerjasama MWA PTN BH mendorong pemerintah untuk memberikan dukungan yang konsisten dan memadai dalam pendanaan, sumber daya manusia, sarana pra sarana dan landasan hukum yang diperlukan oleh PTN BH dalam rangka meningkatkan pemerataan akses kepada pendidikan tinggi, serta meningkatkan kualitas dan daya saing pendidikan tinggi di Indonesia.
Delegasi IPB dalam pertemuan ini terdiri atas:  Prof. Dr. M.A. Chozin (Ketua MWA); Dr. Ahmad Mukhlis Yusuf (Wakil Ketua MWA); Prof. Dr. Rizal Sjarif (Sekretaris MWA); Prof. Dr. Herry Suhardiyanto (Rektor/Anggota ex officio MWA); Prof. Fachriyan H. Pasaribu (Ketua Komisi II MWA); Prof. Cecep Kusmana (Ketua Komisi III MWA); Dr. Dewi Hanggraeni (Wakil Ketua KA IPB); dan Drs. Rosjidi, AK/CEF  (Anggota KA IPB).***