Dr Hasim: Ibadah Haji Harus Niat Karena Allah

Dr Hasim: Ibadah Haji Harus Niat Karena Allah

Dr-Hasim-pelatihan-haji
Berita
Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Hurriyyah Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan Pelatihan Haji dan Umroh 2016 bagi sivitas IPB. Acara digelar di Masjid Al-Hurriyyah, Jumat (29/1), menghadirkan narasumber Dr. Hasim, Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB.
Dalam materinya terkait filosofi dan hikmah Haji, Dr. Hasim menyampaikan bahwa seruan berhaji sudah tertulis dalam Al-Quran Surat Al-Hajj ayat 27, yang berbunyi “Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh”.
Sesuai firman Allah SWT tersebut, terangnya, beribadah haji selain merupakan kewajiban juga kebutuhan bagi umat muslim seluruh dunia. Dalam beribadah haji sudah diatur waktu dan tempatnya, sehingga manusia tidak bisa mengubah waktu berhaji.
Ia juga menyampaikan bahwa dalam menjalankan ibadah Haji harus diniatkan karena Allah. “Seperti yang terdapat dalam hadits, sesungguhnya diterimanya amal tergantung pada niatnya,” ujarnya.
Ia menambahkan, dengan kekuatan niat karena Allah maka akan memperkuat kesabaran dalam menjalankan ibadah Haji. Saat menjalankan Haji, ujian dan godaan tidak henti-hentinya akan datang silih berganti, mulai dari keberangkatan hingga saat pelaksanaan Haji. “Kita harus serahkan hidup dan mati kita pada Allah. Tahan emosi, selalu ingat dan kembali niatkan hanya untuk beribadah kepada Allah. Jaga tingkah laku. Bagi jamaah yang masih muda-muda untuk mengutamakan yang sepuh. Hal tersebut juga  dapat menyempurnakan  ibadah Haji kita,” terangnya.
Lebih lanjut dikatakannya,  biasanya setiap jamaah Haji akan menyiapkan semua keperluannya selama di sana. Namun, tandasnya, bahwa sebaik baiknya bekal adalah takwa. (dh)
Kontak:
DKM Al-Hurriyah IPB, no telp (0251) 8621746