Pelepasan Pemeriksa Hewan Qurban

Pelepasan Pemeriksa Hewan Qurban

DSC_4240
Berita

Rektor IPB, Prof. Herry Suhardiyanto, M.Sc melepas 676 mahasiswa dan dosen Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB untuk bertugas memeriksa hewan qurban di DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Depok dan Kabupaten Tangerang.  Pelepasan secara simbolis dilakukan dengan memakaikan pakaian laboratorium Pemeriksaan Hewan Qurban kepada dua orang mahasiswa FKH, Nadhear Nadadianha Dhanar dan Shuffur Husna. Acara digelar di Auditorium Jannes H.Hutasoit Fakultas Peternakan, Kampus IPB Dramaga (3/10).

Ketua Panitia Pelepasan Pemeriksa  Hewan Qurban, Dr. drh. Denny Lukman, menyampaikan bahwa sebelum diberangkatkan para mahasiswa tersebut telah mengikuti pelatihan. Selain itu, FKH IPB juga telah menggelar pelatihan untuk para pengurus DKM di Kab. Bogor.

Dr. Denny berharap mahasiswa siap bertugas secara mandiri dan profesional. Sementara Wakil Dekan FKH IPB menyampaikan, Idul Adha merupakan momentum tepat bagi para dokter hewan untuk turut mengabdi kepada masyarakat dengan memastikan hewan qurban dalam kondisi sehat, aman, utuh, dan halal (ASUH).

Hal senada disampaikan Rektor IPB, momen ini sangat  penting bagi mahasiswa untuk melatih diri dalam meningkatkan kompetensi. Ini kesempatan baik, karena melalui momentum ini mahasiswa dapat mempraktikkan ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Bogor, Ir.Ajrin Syamsuddin mengucapkan terimakasih kepada IPB karena telah membantu  Pemerintah Daerah dalam pengawasan hewan qurban. Tahun ini, terdapat sekitar 12000 hewan qurban sapi dan domba, baik  yang didatangkan dari daerah lain maupun dari peternak lokal. Karenanya, ini membutuhkan pengawasan ketat terkait kekhawatiran penyebaran zoonosis. Kehadiran tim dari FKH IPB diharapkan dapat mengatasi kendala tersebut. Untuk Kota Bogor sendiri, IPB akan menerjunkan 174 mahasiswa dan 23 dosen. dh