Mahasiswa IPB Raih Penghargaan WM Bank Mandiri 2009

Mahasiswa IPB Raih Penghargaan WM Bank Mandiri 2009

Berita

Ance Trio Marta, mahasiswa  Program penyelenggara Khusus Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB meraih penghargaan Wirausaha Mandiri (WM) 2009 yang diselenggarkan oleh Bank Mandiri. Penghargaan diberikan dalam acara Penganugerahan Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2009, Peneyerahan Modul Kewirausahaan dan Workshop WMM, Jum’at (22/1) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Ance dinobatkan sebagai wirausahawan terbaik oleh Bank Mandiri bersama dengan 11 wirausahawan terbaik lainnya. Ance meraih juara pertama untuk kategori Mahasiswa Sarjana dan Program Diploma, Bidang Usaha Industri dan Jasa dengan usaha yang digelutinya adalah Pembibitan Ikan Bawal. Sementara juara ke dua jatuh kepada Triwahyudi dari Universitas Diponegoro.

Dua belas wirausahawan terbaik 2009 ini berhasil mengalahkan 1.706 mahasiswa dari 200 perguruan tinggi di Indonesia yang tersebar di 27 propinsi. Sebelumnya, mereka yang terpilih ini telah melalui masa seleksi selama tiga bulan yang diawali dengan pendaftaran di 9 titik pelaksanaan, yaitu Medan, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, dan Denpasar.

Untuk prestasinya tersebut, Ance berhak memboyong uang sebesar 25 juta rupiah, piala dan piagam penghargaan . Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Boediono, didampingi, Menteri BUMN, Menteri Perekonomian, Menteri Perikanan dan Kelautan, Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Direktur Bank Mandiri, para rektor, dan wirausahawan ternama, Dr. Ciputra.

Dalam acara ini Universitas Gadjah Mada  (UGM) mendominasi dengan meraih penghargaan terbanyak, yaitu  2 orang untuk kategori Mahasiswa dan Program Diploma dan satu orang untuk Alumni dan Pascasarjana. 

Usai penyerahan penghargaan Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Boediono, berpesan kepada para mahasiswa tentang pentingnnya berwirausaha. Menurutnya, bidang wirausaha adalah tulang punggung dan penggerak eknomi suatu bangsa, semakin banyak semakin kuat, dari sisi politik wirausaha adalah kunci bagi perkembangan demokrasi, karena wirausahawan adalah orang independent yang  tidak tunduk pada struktur yang mengikat . Di banyak Negara kelas wirausaha adalah sebagai kelas pendukung demokrasi.

“Belajar akademis penting, tapi belajar secara praktek untuk mengembangkan jiwa inisiatif dan kreatif juga penting melengkapi  akademis. Selagi duduk di bangku kuliah, manfaatkanlah waktu kalian dan tidak ada alasan untuk tidak aktif di bidang wirausaha dan bidang lainnya yang menuntut dilakukan secara praktek. Semoga Indonesaia bisa jaya di tangan adik-adik semua,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Bank Mandiri, Agus Martowardojo di dalam sambutannya memaparkan tentang tingginya angka pengangguran terdidik di Indonesia. Menurutnya, tahun 2009 lalu angka pengangguran terbuka berjumlah 8,9 juta orang , dan sarjana yang menganggur lebih dari 1 juta sarjana .

“Kita ketahui bahwa sekarang fakta mengatakan banyak lulusan PT yang terdiri dari lulusan program D3, S1, S2,dan S3 statusnya menganggur. Mindset para mahasiswa ini adalah ingin mencari kerja,bahkan mungkin kalau perlu pergi ke luar negeri seperti Malaysia, Taiwan, Hongkong, dan Timur Tengah hanya untuk mencari kerja,” ujarnya.

Maka dari itu menurutnya, Bank Mandiri sengaja menggelar kegiatan seperti ini dalam rangka merubah mindset mahasiswa dari sarjana yang mencari kerja menjadi sarjana yang mempersiapkan diri menjadi masyarakat yang mandiri yang bisa menciptakan lapangan kerja.

 “Wirausahawan adalah orang yang bisa menciptakan ancaman dan peluang dan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. Mereka adalah orang yang memiliki ciri khas pekerja keras, komitmen tinggi untuk terus maju, dan tidak mudah untuk menyerah, “tambahnya.

Workshop Mandiri Bertabur Bintang

Acara bergengsi untuk kalangan mahasiswa ini juga diisi dengan  workshop yang narasumbernya adalah wirausaha terkenal tingkat nasional, seperti penulis novel terkenal, Andrea Hirata, sutradara film, Mira Lesmana, Garin Nugroho, fotografer terkenal Jerry Aurum, serta wirausahawan ternama Dr. Ciputra, dan Sudhamek AWS.

Pagelaran ini dipandu oleh mantan putri Indonesia 2007 Artika Sari Dewi yang juga turut dimeriahkan dengan hadirnya band papan atas Dewa 19, Viky Sianipar, The Virgin, dan Motivator Nasional, Joko Nugroho yang saat itu menggunakan alat musik tradisional Sunda, angklung sebagai media untuk memotivasi para mahasiswa yang hadir.

Antusias mahasiswa begitu besar  dengan membludaknya peserta mahasiswa hingga 4000 orang memadati JCC. Mereka berasal dari 42 perguruan tinggi Jabodetabek dan Bandung.  

Selain pemberian penghargaan acara ini juga diramaikan dengan pameran wirausaha muda mandiri baik untuk pemenang tahun 2009 maupun para alumni terdahulunya, termasuk Elang Gumilang mahasiswa IPB yang meraih penghargaan WM tahun 2007 lalu dengan bidang usaha properti.

Program WM ini merupakan tema utama Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bidang Pendidikan. Program ini disusun selaras dengan tujuan Bank Mandiri melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).(man)

Berikut adalah para pemenang Wirausaha Mandiri 2009

 No Kategori Nama Juara Perguruan Tinggi
Mahasiswa Sarjana dan Program Diploma      

1.

Bidang usaha Industri & Jasa

Ance Trio Marta

I

Institut Pertanian Bogor

   

Triwahyudi

II

Universitas Diponegoro

2.

Bidang Usaha Boga

Dimas T Panuju

I

Universitas Brawijaya Malang

   

Saikal Ihlam Akbar

II

Universitas Gadjah Mada

3.

Kreatif

Brian Arti Faridji

I

Institut Teknologi  Sepuluh November Surabaya

   

Indra haryadi

II

Universitas Gadjah Mada

Alumni dan Pascasrjana      

1.

Bidang usaha Industri & Jasa

Agung Nugroho

I

Universitas Gadjah Mada

   

Rudik Setiawan

II

Univeristas Muhamadiyah Malang

2.

Bidang Usaha Boga

Tri Rian Haryanto

I

STT Telkom Bandung

   

Toni Hadi Putra

II

Universitas Jendral Ahmad Yani Bandung

3.

Kreatif

Moh. Satria Nugraha

I

Institut Teknologi Nasional

   

Atur Sahadewa Wijaya

II

IST Atrik Djokja