Pelantikan Pejabat di Lingkungan IPB

Pelantikan Pejabat di Lingkungan IPB

Berita

Dalam rangka memperkuat organisasi institut, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) melantik 10 orang pejabat di lingkungan IPB, Selasa (19/8) bertempat di Ruang Sidang Rektor Gedung Andi Hakim Nasution Kampus IPB Darmaga.

Pejabat-pejabat yang dilantik meliputi Ketua dan Sekretaris Departemen Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK); Sekretaris Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan; Sekretaris Departemen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA); Asisten Direktur Bidang Umum, Keuangan dan SDM, dan Asisten Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Program Pascasarjana MB-IPB; Wakil Direktur Program Pendidikan Tingkat Persiapan Bersama (TPB); Kepala Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan, dan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kewirausahaan LPPM; serta Kepala Sub Direktorat Pengkajian Program Akademik Direktorat Pengkajian dan Pengembangan Akademik.

Kepada Ketua dan Sekretaris Departemen, Rektor meminta untuk terus mengembangkan departemen sebagai ujung tombak dalam penyelenggaraan akademik strata S1, S2 dan S3. Tugas Ketua Departemen antara lain adalah 1) menyusun rencana dan program kerja departemen, 2) memberikan tugas dan mengevaluasi dosen di departemen dalam melaksanakan tugas-tugas tri dharma perguruan tinggi, 3) meningkatkan mutu pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, dan 4) menyusun rencana biaya operasional tahunan berdasarkan ketentuan yang berlaku. Sekretaris Departemen harus dapat bekerjasama membantu Ketua Departemen untuk memajukan departemennya sesuai dengan mandat yang telah diberikan.

Kepada Asisten Direktur Bidang Umum, Keuangan dan SDM serta Asisten Direktur Akademik dan Kemahasiswaan Program MB-IPB, agar dapat membantu Direktur Program MB-IPB membangun program MB-IPB sebagai lembaga pendidikan pascasarjana terdepan dalam bidang manajemen dan bisnis yang berwawasan internasional dan menjadi pusat unggulan (centre of excellence) dalam penelitian, konsultasi dan pelatihan bidang manajemen dan bisnis, sehingga motto MB-IPB "Creating the Excel People from the Excellent Place" benar-benar dapat terwujud.

Kepada Wakil Direktur Program TPB, diminta untuk membantu Direktur TPB dalam mengkoordinir kegiatan pendidikan tahun pertama dengan muatan utama ilmu-ilmu dasar, mengelola administrasi akademik mahasiswa TPB dan melaksanakan jaminan mutu dalam proses pendidikan di TPB. "Jumlah mahasiswa yang Saudara layani sangat besar. Saya minta agar Saudara dapat memperhatikan hal ini sebaik-baiknya sehingga tidak ada mahasiswa yang tidak terlayani," kata Rektor.

Kepada Kepala Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan, diminta mempertahankan IPB sebagai garda terdepan dalam pengkajian dan penelitian pada permasalahan pembangunan pertanian dan pedesaan di Indonesia.

Kepada Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kewirausahaan, diminta untuk dapat membawa unit yang dipimpinnya sebagai salah satu pilar untuk membangun karakter kewirausahaan IPB, sehingga cita-cita menjadi entrepreneurial university dapat segera terwujud. Karakter kewirausahaan harus dapat tercermin dalam diri dosen, mahasiswa, tenaga penunjang maupun dalam sistem manajemen IPB. Selain itu, agar dapat memberikan layanan terkait bidang kewirausahaan kepada stakeholder IPB dengan baik.

Kepada Kasubdit Pengkajian Program Akademik, agar dapat membantu Direktur Pengkajian dan Pengembangan Akademik untuk melakukan berbagai kegiatan pengembangan akademik, khususnya penajaman implementasi kurikulum Mayor-Minor serta penyempurnaan kurikulum Program Diploma. Selain berbagai kegiatan pengkajian dan pengembangan kurikulum, hal terpenting lainnya adalah pengembangan promosi untuk program pendidikan jenjang S0, S1, S2, dan S3 secara lebih luas dan lebih intensif. (nm)

Daftar Nama Pejabat yang DilantikPada Tanggal 19 Agustus 2008Di Lingkungan Institut Pertanian Bogor  

No

Nama Ditugaskan Dalam Jabatan
1 Dr.Ir. Odang Carman, M.Sc Ketua Departemen Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
2 Dr.Dinamella Wahjuningrum, S.Si.,M.Si Sekretaris Departemen Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
3 Dr.Ir. Agus Hikmat, M.Sc.F.Trop Sekretaris Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan
4 Ir. Irmansyah, M.Si Sekretaris Departemen Fisika Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam
5 Dr.Ir. Noer Azam Achsani, M.S Asisten Direktur Bidang Umum, Keuangan dan Sumberdaya Manusia Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis
6 Prof.Dr.Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc Asisten Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis
7 Dr. Eko Sri Wiyono, S.Pi.,M.Si Wakil Direktur Program Pendidikan Tingkat Persiapan Bersama
8 Dr.Ir. Lala M. Kolopaking, M.S Kepala Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan LPPM
9 Ir. Pramono Djoko Fewidarto, M.S Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kewirausahaan LPPM
10 Dr.Ir. Swastiko Priyambodo, M.Si Kepala Sub Direktorat Pengkajian Program Akademik Direktorat Pengkajian dan Pengembangan Akademik