IPB Melatih 52 Guru Pengampu UN dari Lampung dan Jabar

IPB Melatih 52 Guru Pengampu UN dari Lampung dan Jabar

Berita

Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (P2SDM) Institut Pertanian Bogor (IPB), melatih 52 Sekolah Menengah Atas (SMA) dari Lampung dan Jawa Barat, (11/12), di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan yang bertemakan "Tutoring Guru Pengampu Mata Ajaran Ujian Nasional (UN) Program Pengembangan SDM Wilayah Jawa Barat dan Lampung" ini diselenggarakan selama 6 hari (11-16/12), atas kerjasama P2SDM IPB dan Yayasan Damandiri.

Hadir pada pembukaan acara tersebut Kepala Pusat P2SDM, Dr.Ir. Ilah Sailah, Kepala Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM IPB), Prof. Dr. Ir. H. Rizal Syarief S., DESS., Direktur Yayasan Damandiri Dr. Rohadi H. M.Si., dan Ketua Pelaksana Kegiatan, Dr.Ir. Panca Dewi, M.Si.

Dalam sambutan, Kepala P2SDM, Dr.Ilah mengharapkan, melalui kegiatan ini manajemen proses belajar mengajar yang dilaksanakan guru lebih berkualitas, dan dapat meningkatkan motivasi penguasaan materi, sehingga perolehan nilai UN terjadi peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu dapat memfasilitasi peserta didik yang ingin melanjutkan sesuai yang dicita-citakan, dan lebih meningkatkan penguasaan materi oleh guru dalam pengambangan keilmuanya, khusus bidang studi yang menjadi tanggung jawabnya.

"Kita mengharapkan para guru dapat meningkatkan kualitas sesuai dengan bidang studi yang menjadi tanggungjawab masing-masing," katanya.

Mengenai tujuan tersebut, hal senada juga dikatakan oleh Direktur Yayasan Damandiri, Dr. Rohadi, dimana dapat meningkatkan kalitas guru yang tugas utamannya adalah mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal melalui penyajian mata pelajaran.

"Para guru harus bisa memotivasi, berkreativitas dan selalu berinovasi dalam pelaksanaan manajemen proses belajar mengajar,"ujarnya.

Menurutnya, guru pengampu UN ini harus bisa memberikan respon positif pada setiap usaha pembaharuan yang dapat meningkatkan kemampuan profesional dan memberkan ruang gerak untuk berimprovisasi secara aktif dalam proses pembaharuan tersebut.

Perlu diketahui, SMA yang mengikuti pelatihan ini adalah, SMAN Cilaku (Cianjur), SMA Al-Ghazali (Bogor), SMAN Jampang Kulon, SMAT Darul Amal, SMAN 1 Lembang, SMA Taman Sari Bogor, SMA 10 Bogor, SMA Tri Wuri Andayani (Cimahi), SMAN 7 Bandar Lampung, SMAN 8 Bandar Lampung, SMAN 4 Metro, dan SMA Muhammadiyah Metro. (man)