Lawalata IPB Bersihkan Danau Kampus

Lawalata IPB Bersihkan Danau Kampus

Berita

dscn9962_400Perkumpulan Mahasiswa Pecinta Alam Institut Pertanian Bogor (Lawalata-IPB) kembali melakukan aksi bersih-bersih di Danau Situ Leutik (Danau LSI) Kampus IPB Darmaga, Selasa (5/6). Aksi yang mengusung tema "Save Our Situ (SOS) II" ini adalah dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada tanggal 5 Juni.

Koordinator aksi, Gilang Embang Putra Pratama, kepada Pariwara mengatakan, kegiatan yang melibatkan semua anggota Lawalata ini merupakan kelanjutan dari Save Our Situ I beberapa tahun lalu. Dikatakan, pada SOS I, sampah yang berhasil dibersihkan dari Situ mencapai 20 trash bag (kantong sampah) berukuran besar.

Sementara, saat Pariwara menemuinya pada Selasa (5/6) pagi, atau beberapa jam setelah aksi dimulai, sampah yang terkumpul sudah mencapai enam trash bag. Jenis sampah terbanyak, seperti dikatakan Embang, berupa sampah plastik yang membutuhkan waktu sekitar 100 tahun untuk dapat terurai.

Selain itu, didapati pula sampah styrofoam yang proses penguraiannya lebih lama, yakni sekitar satu miliar tahun. Tidak hanya itu, Embang juga menuturkan, air danau juga sudah tercemar polusi berupa minyak goreng.

Banyaknya polusi pada danau yang ada di tengah-tengah kampus ini, dikhawatirkan akan mengganggu habitat burung Koak yang berjumlah 652 ekor, dan selama ini banyak ditemui di sekitar danau. Padahal menurut Embang, IPB merupakan satu-satunya kampus yang memiliki habitat burung Koak.

Karenanya, Embang mengharapkan, aksi Lawalata yang bermodalkan dua perahu pinjaman dari Global Rescue dan PPLH ini, dapat mengetuk hati semua warga kampus untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. (nm)