FEM IPB Luncurkan Buku Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia

FEM IPB Luncurkan Buku Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia

Berita

Selamat Atas Diluncurkannya
Buku Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia
Kolaborasi Prof. Sjafri Mangkuprawira dan Dr. Aida Vitayala

 

bedah_buku_400Departemen Manajemen FEM IPB menggelar Bedah Buku "Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia (MMSDM)" karya Prof.Dr.Ir. Tb.Sjafri Mangkuprawira dan Dr.Ir.Aida Vitayala Hubeis, pada (30/4) di Ruang Mahoni Kampus Program Manajemen dan Bisnis IPB, Gunung Gede, Bogor.

Buku dengan topik Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia merupakan buku yang pertama kali ada di Indonesia. "Salah satu latar belakang diterbitkannya buku MMSDM ini antara lain karena dalam kumpulan literatur nasional dan internasional, belum menemukan satu pun buku dengan topik MMSDM. Isi buku ini berdasarkan fenomena empiris dan teoritis yang menyangkut masalah manajemen, organisasi dan mutu SDM," ungkap Prof. Sjafri Mangkuprawira. Bedah Buku ini didahului sambutan Dekan FEM IPB, Dr. Ir. Sri Hartoyo dan dibuka Rektor IPB, Prof.Dr.Ir. Ahmad Ansori Mattjik, M.Sc.  

Didampingi Dr.Ir. Aida Vitayala Hubeis, sang istri yang juga selaku penulis kedua dalam buku tersebut, Prof. Sjafri menguraikan bahwa fokus perhatian buku ini adalah menganalisis seberapa jauh pengaruh mutu SDM terhadap kinerja organisasi, khususnya di bidang bisnis dan bagaimana pendekatan peningkatan mutu SDM perlu dilakukan. Dengan kata lain, MMSDM menempatkan pentingnya mutu SDM sebagai unsur potensial dalam mencapai keberhasilan suatu tujuan organisasi.

"Buku MMSDM ini bagus untuk referensi bagi para ekskutif professional dalam meningkatkan kualitas SDM perusahaan dan institusinya," ungkap Mantan Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI), Rudjito saat menjadi pembahas pada bedah buku hari itu bersama pembahas lain yakni Direktur Utama PT.Asahimas dan PT.Intidaya Prima Kencana, Sadikin Kuswanto, Direktur PT. Polychem Indonesia Tbk, Jusup Agus Sayono dan Mantan Dirut BNI, Widigdo Sukarman. Lebih lanjut Rudjito menyarankan, "Akan lebih menarik bila buku ini diperkaya dengan studi kasus pengalaman kesuksesan maupun kegagalan suatu perusahaan."


Pada kesempatan tersebut juga dibedah buku "Manajemen Kreativitas dan Inovasi dalam Bisnis" karya Prof.Dr.Ir. Musa Hubeis, MS, Dipl.ng, DEA yang saat ini telah dicetak sekitar 25 ribu eksemplar dan telah beredar di pasar. Edisi revisi direncanakan akan beredar Oktober 2007 mendatang. (ris/nUr)