Rektor IPB Meresmikan Gedung Baru Program Diploma

Rektor IPB Meresmikan Gedung Baru Program Diploma

Berita

Menandai dibukanya gedung baru untuk program Diploma Institut Pertanian Bogor di Kampus IPB Cilibende, Kamis (22/2) kemarin digelar acara peresmiannya secara meriah. Momen ini dihadiri Rektor IPB, Prof. A.A. Mattjik, M.Sc yang sekaligus meresmikannya dengan menabuh gong didampingi Direktur Program Diploma, Prof. Dr. Ir. Zairin Junior, M.Sc. beserta wakil-wakilnya.

”Tentunya perlu perjuangan panjang untuk membangun gedung ini, jadi saya ucapkan selamat kepada Pak Zairin dan teman-teman. Perlu diketahui oleh semuanya bahwa dana pembangunan gedung ini bukan dana masyarakat dari civitas IPB melainkan dari dana masyarakatnya Pak Ziarin sendiri” jelas Rektor dalam sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama disampaikan juga laporan kegiatan pembangunan kampus seluas 2053 m2 oleh Prof. Zairin. ”Pada saat Program Diploma mendapatkan mandat untuk menempati kampus ini, kondisi kampusnya dalam keadaan rusak. Maka secara bertahap, kami melakukan rehabilitasi ringan sampai berat karena ada sebagian gedung lama yang terpaksa dirobohkan”, Ujarnya.

Berawal dari kerjasama dengan PT. Kaliwangi Chasasi Utama, maka dibangunlah Kampus IPB Cilibende secara bertahap. Hal ini sejalan dengan pembentukan Direktorat Program Diploma IPB pada tahun 2005. Pembangunan kampus ini selesai pada Oktober 2006 dengan menghabiskan total biaya sebesar 7.6 Milyar rupiah.

Kampus IPB Cilibende yang mempunyai 3 lantai ini diperuntukkan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan perkuliahan dan praktikum. Kampus ini mempunyai 6 ruang kelas besar dengan kapasitas 60-70 mahasiswa untuk kegiatan kuliah. Dan 8 ruang lainnya dengan kapasitas 30-40 mahasiswa dipergunakan untuk kegiatan praktikum.

Disampaikan juga sarana laboratorium yang terdapat dalam gedung ini seperti : Lab. Kimia, Lab. Kultur Jaringan, Lab. Komputer (4 ruang dengan kapasitas masing-masing 35 unit PC) , Lab. Teknik Komputer, serta Dapur Kulinari.

Kampus yang sudah digunakan sejak November 2006 ini mampu menampung 2600 mahasiswa dari 2 angkatan dengan 14 program keahlian. Rencananya, program diploma ini akan menerima rata-rata 1500 mahasiswa per tahun. Jadi apabila ditotal, jumlah mahasiswanya sekitar 4500 orang.

”Karena pada awal tahun ajaran baru Agustus 2007 nanti akan menerima sekitar 1500 mahasiswa baru angkatan ketiga, oleh karena itu dimohon bantuan pimpinan IPB untuk mendorong percepatan pembangunan gedung tahap selanjutnya dan mohon adanya penambahan areal untuk kampus program diploma. Hal ini dimaksudkan agar tersedia sarana praktek lapangan, sarana olahraga dan aktivitas lainnya,” pinta Zairin.(zul)