Masalah Flu Burung, Pemda dan Pemkot Bogor Tetap Bekerjasama Dengan IPB.

Masalah Flu Burung, Pemda dan Pemkot Bogor Tetap Bekerjasama Dengan IPB.

Berita

Dalam memecahkan masalah flu burung, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan tetap bekerjasama dengan IPB. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Bogor, Albert Pribadi, SE., dalam acara “ Bersih Cegah Flu Burung dan Demam Berdarah, Pemecahan Rekor MURI”. (26/3), di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Darmaga, Bogor.

Untuk Pemda Kab Bogor telah menyiapkan tim (satgas) untuk memantau wilayah-wilayah terjangkit flu burung. Tim ini bekerjasama dengan Fakultas Peternakan (Fapet) dan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB.

Menurut Albert Pribadi, kerjasama ini sudah terjalin sejak dulu dan sampai sekarang pun baru IPB saja yang tergabung dalam tim ini.

Sebagai actionnya, setiap tahun IPB mengirimkan 200 mahasiswa ke daerah-daerah lingkar kampus IPB untuk mensosialisasikan masalah flu burung. Dengan demikian masyarakat akan dapat terhindar dari wabah flu burung. “Mencegah lebih bagus daripada mengobati,” ujar Wakil Bupati Bogor.

Ditanya mengenai daerah-daerah di kabupaten Bogor yang rawan terjangkit flu burung, laki-laki berbaju batik ini mengatakan bahwa secara umum tidak ada daerah yang rawan terjangkit flu burung. “Walaupun ada daerah yang sudah terjangkit tetapi masih berada dalam batas normal. Beda halnya dengan kasus antraks yang sudah jelas daerah-daerahnya,” tambahnya.

Ia berharap kampanye cegah flu burung dan demam berdarah seperti yang diadakan IPB kemarin disebarluaskan kepada masyarakat tidak hanya di sekitar lingkar kampus IPB, tetapi ke seluruh wilayah-wilayah yang ada di Bogor.

Beliau juga mengatakan, dalam waktu dekat IPB akan mensosialisasikan masalah vaksin ini ke Pemda Kabupaten Bogor dan Pemkot Bogor. Mengenai kapan waktu pelaksanaannya, baik IPB maupun pemerintah daerah Bogor sama-sama mengatakan masih membutuhkan pembicaraan lebih lanjut

Terkait MURI, atas nama Pemerintah daerah Kabupaten Bogor Albert mengucapkan terimakasih dan bangga kepada panitia penyelenggara, Unit Kegiatan Mahasiswa Music Agriculture X’pression (UKM MAX) dan Prohumasi-IPB, yang sudah berinisiatif mengadakan acara ini. ”Hari ini Pemda Bogor cukup bangga dan berterima kasih kepada panitia penyelenggara”, ujarnya.

Pada kesempatan itu juga diserahkan perlengkapan kebersihan dari KS Beriman yang dikoordinatori oleh Dr. Clara Kusharto, M.Sc. kepada mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) secara simbolis.(zul)