Kampanye terpadu “Bersih Cegah flu Burung dan Demam Berdarah”

Kampanye terpadu “Bersih Cegah flu Burung dan Demam Berdarah”

Berita

Sangat disadari bahwa kesadaran masyarakat tentang kebersihan dan lingkungan higienis sangatlah beragam. Cara yang dirasa cukup efektif dalam mencegah penyakit menular diantaranya adalah menjaga kebersihan,
sanitasi lingkungan dan tidakan higienis.

Dengan memperhatikan IPB sebagai bagian dari Bogor-yang pernah memperoleh atribut “kota terkotor”– maka IPB merasa terpanggil untuk mengajak semua pihak peduli terhadap masalah kebersihan dan kesehatan.

Program kepedulian tersebut dikemas oleh IPB dalam bentuk Kampanye terpadu “Bersih Cegah flu Burung dan Demam Berdarah”. Adapun rangakian acara dalam kegiatan itu, diantaranya meliputi: (1) Lomba Kebersihan Antar 14 Desa lingkar Kampus IPB Darmaga dengan melibatkan 70 mahasiswa Kuliah kerja nyata Ipb, (2) Pelatihan terhadap 500 orang yang mewakili masyarakat desa lingkar kampus Darmaga, serta unit kerja dan lembaga kemahasiswaan di lingkungan IPB, (3) pencanangan program vaksinasi masal avian influenza dan
sosialisasi “aman mengonsumsi produk unggas”.

Acara puncak digelar dalam bentuk pertemuan silaturrahmi semua stakeholder pada hari Minggu, 26/3 di GWW, yang dimeriahkan oleh pemecahan rekor Rampak gitar dari 549 mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Music Agricultural X-pression (UKM-MAX) dan didukung 100 mahasiswa UKM Agriaswara IPB.

Khusus acara pelatihan kebersihan, dilaksanakan usai makan siang, bertempat di Gedung GWW juga, (26/3). Dalam sambutannya Selaku Koordinator KS-Beriman IPB sekaligus sebagai Pembina Koalisi Bogor Sehat (KBS) Dr. Clara M. Kusharto, MSc mengucapkan terimakasih kepada Rektor IPB yang telah memberikan atensinya terhadap KS-Beriman.

Saat mengakhiri sambutannya, Perempuan berbaju coklat lengan pendek itu berkeinginan menyampaikan harapannya. ”Sebelumnya, saya mohon maaf bila ada tindakan/ucapan kurang dapat diterima dan izinkan saya untuk menyampaikan harapan: Hari ini tanggal 24 Maret 2006 mari kita ikrarkan bersama kembali Kawasan Pendidikan IPB Harus Lebih Bersih, Bebas Sampah dan Rokok, Cegah Flu Burung dan Demam Berdarah”, demikian ikrarnya di depan para peserta pelatihan. (Nwi)