Aquafest IPB University: Upaya Tingkatkan Minat Masyarakat Terhadap Akuakultur

Aquafest IPB University: Upaya Tingkatkan Minat Masyarakat Terhadap Akuakultur

Aquafest IPB University: Upaya Tingkatkan Minat Masyarakat Terhadap Akuakultur
Berita

Himpunan Mahasiswa Akuakultur (Himakua) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University menggelar Aquafest 2024, 4-5/5. Tema Aquafest 2024 ini yaitu “Aquaculture for Sustainable Future.” Penyelenggaraan Aquafest bertujuan untuk mengenalkan dunia akuakultur kepada masyarakat luas.

Dr Ujang Suwarna, Direktur Kemahasiswaan IPB University turut mengapresiasi atas terselenggaranya Aquafest 2024. “Saya mengapresiasi Himakua IPB University yang telah menyelenggarakan Aquafest 2024. Kami berharap Himakua IPB University dapat terus meningkatkan kompetensi serta kolaborasi terhadap komunitas akuakultur seluruh Indonesia sehingga Aquafest dapat menjadi jembatan untuk mengenal akuakultur lebih luas,” ujar Dr Ujang Suwarna.

Ia juga merasa bangga terhadap Himakua IPB University yang terus meningkatkan prestasinya hingga ke tingkat nasional dan berharap bisa terus menjaga itu.

Sementara, Prof Fredinan, Dekan FPIK IPB University mengakui bahwa Himakua merupakan himpunan kemahasiswaan yang produktif di tingkat fakultas. Ia menambahkan kegiatan ini berusaha mengajak masyarakat untuk mendapatkan informasi yang lebih mudah tentang akuakultur.

“Aquafest menjadi wadah agar ilmu yang berasal dari kampus dapat disebarluaskan kepada masyarakat, karena budidaya perikanan harus melibatkan semua pihak termasuk masyarakat,” kata Prof Fredinan.

Rangkaian kegiatan Aquafest diawali dengan Road to Aquafest. Berbagai kegiatan turut digelar untuk menyemarakkan Aquafest 2024, antara lain perlombaan e-sports seperti Mobile Legends dan PUBG, seminar, talkshow, fish contest, seni, lomba fotografi hingga national betta contest yang memperebutkan piala bergilir Rektor IPB University.