IPB Press Dukung Wanita Sukses dalam Ikhtiar Menjemput Rezeki, Memantaskan Usaha

IPB Press Dukung Wanita Sukses dalam Ikhtiar Menjemput Rezeki, Memantaskan Usaha

IPB Press Dukung Wanita Sukses dalam Ikhtiar Menjemput Rezeki, Memantaskan Usaha
Berita

Pada hari Senin (22/4), bertempat di Pendopo Loji Gandrung Rumah Dinas Walikota Surakarta, IPB Press ikut hadir dalam Seminar “Kiat Wanita Sukses” sekaligus bedah buku “Ikhtiar Menjemput Rezeki, Memantaskan Usaha”. Acara ini menampilkan sosok-sosok inspiratif untuk berbagi kisah dan pengetahuannya kepada para peserta.

Ikhtiar, sebagai singkatan dari Integrity, Keep Collaborating, Humble, Tactful, Inspiring Others, Agile, dan Respect akan menjadi fokus pembahasan dalam membedah nilai-nilai tersebut. IPB Press ikut terlibat sebagai penerbit buku ini.

Dr Siti Ma’rifah, putri dari Wakil Presiden RI yang merupakan penulis pertama buku Ikhtiar menyampaikan, ia tertarik dengan filosofi Jawa, yakni ‘Urip Iku Urup’ yang artinya ‘Hidup itu Menyala’ atau memberikan kehidupan. Filosofi ini bertalian dengan semangat Kartini yang terkenal dengan kalimat Habis Gelap Terbitlah Terang.

“Dari kegelapan ke alam yang terang benderang dan bagaimana kita harus memberikan manfaat. Menurut saya, falsafah Jawa ini luar biasa dan sesuai dengan ajaran agama. Sebaik-baik manusia adalah yang dapat memberikan manfaat untuk banyak orang dan acara ini kita harapkan demikian,” papar Komisaris Utama PT Askrindo Syariah Financing Guarantee ini saat memberikan sambutan.

Salah satu pembicara, Dr Antoni Ludfi Arifin menyatakan, “Yang namanya rezeki tidak bisa tiba-tiba ada, harus dijemput.” Dalam materinya, ia juga membahas pentingnya nilai-nilai kebaikan yang perlu diinternalisasikan dalam diri.

Dr Naufal Mahfudz, Ketua Forum Doktor Bisnis Indonesia menguraikan, buku inspiratif ini menyoroti pentingnya nilai-nilai ‘ikhtiar’ secara substantif. Menurutnya, nilai-nilai ini sangat relevan untuk diperkenalkan kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama para pemimpin di berbagai bidang dan pelaku usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM).

“Implementasi nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan. Terlebih lagi, saat kita memperingati Hari Kartini, yang menekankan peran penting wanita dalam kemajuan bangsa dan negara,” ujar alumnus IPB University yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kepemimpinan dan Pendidikan Eksekutif IPB University ini.

Direktur IPB Press, Erick Wahyudyono ikut serta menghadiri secara langsung kegiatan ini. Ia menyampaikan, “Selaku penerbit buku Ikhtiar, kami sangat mendukung terselenggaranya acara yang sangat positif.”

Menurut Erick, seminar merupakan wadah yang sangat baik untuk menjemput bola dan mengajak serta berdiskusi dengan masyarakat langsung untuk mengenalkan nilai-nilai ‘Ikhtiar’. Hal itu karena pada dasarnya masyarakat sebagai UMKM adalah pelaku langsung yang dapat mendukung kemajuan perekonomian Indonesia.

Dalam acara ini, buku Ikhtiar Menjemput Rezeki, Memantaskan Usaha turut dibagikan. Pembagian buku ini juga merupakan usaha untuk memberikan panduan kepada masyarakat yang berisikan bahasan lengkap dari sumber yang terpercaya. Buku yang ditulis oleh Dr Siti Ma’rifah dan Dr Antoni Ludfi Arifin memiliki bahasa yang ringan sehingga mudah dinikmati. Ke depannya juga akan diadakan berbagai rangkaian acara untuk mendukung penyebaran buku ini.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyambut baik akan penyelenggaraan acara seminar yang membantu pemberdayaan wanita dan ibu-ibu di Kota Solo. Kegiatan ini adalah hasil kerja sama antara IPB Press, Mey Mey Group, BPJS Kesehatan, Darma Sarana Niaga, Harvest Group dan Bank Sampoerna. Selain itu, kegiatan ini juga didukung oleh Kadin Kota Solo, UAE Embassy, LULU dan Masjid Raya Sheikh Zayed. (*/Rz)