Unik! Prodi Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi IPB University, Belajar Seni Kuliner Sampai Program Diet

Unik! Prodi Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi IPB University, Belajar Seni Kuliner Sampai Program Diet

Unik! Prodi Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi IPB University, Belajar Seni Kuliner Sampai Program Diet
Berita

Program Studi (Prodi) Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi adalah salah satu prodi yang ada di Sekolah Vokasi IPB University. Prodi Sarjana Terapan (D4) ini bertujuan menghasilkan lulusan yang tangguh, unggul, memiliki keterampilan, dan employability tinggi di bidang kulinari, gizi dan diet.

Prodi ini telah memiliki akreditasi ‘Baik’ yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Lulusannya diharapkan mampu menguasai konsep teoritis ilmu gizi dan kesehatan, ilmu pangan dan manajemen untuk dapat melaksanakan pelayanan gizi dan makanan di institusi seperti restoran, hotel, katering dan unit gizi rumah sakit.

Lulusan prodi ini juga diharapkan memiliki beragam kemampuan dan keterampilan, seperti pengembangan produk makanan dan minuman dari aspek kulinari, bahan, teknologi dan kandungan gizi. Kemampuan mengelola tim dalam penyelenggaraan makanan mulai dari perencanaan menu, pengadaan bahan, produksi sampai distribusi dan pelayanan juga menjadi salah satu skill yang dimiliki lulusannya.

Mata kuliah yang diberikan tidak hanya belajar mengenai kulinari dan gizi, tetapi juga belajar anatomi dan fisiologi manusia, kewirausahaan, pemasaran industri, serta pengembangan talenta.

Uniknya, mahasiswa diwajibkan untuk menggunakan pakaian kemeja putih dengan bawahan hitam, serta ciri khasnya memiliki rompi berwarna merah. “Menariknya prodi ini pada praktikum masak-masaknya, mulai dari penyelenggaraan masakan Indonesia, oriental, serta kontinental yang sangat memperhatikan seni kulinernya,” ucap Nur Alya, salah satu mahasiswa prodi ini.

“Selain itu, kita juga ada ujian yang nantinya mencari tahu dalam suatu produk makanan berapa energi, protein, lemak dan karbohidratnya, menurut aku itu seru,” imbuh Alya yang juga merupakan Ketua Himpunan Mahasiswa Vokasi Pangan dan Gizi (Himavopagi) IPB University.

Lulusan serta mahasiswa dari Prodi Manajemen Industri Makanan dan Gizi pun banyak yang berprestasi. Salah satunya Lulusan Terbaik Sekolah Vokasi pada Wisuda IPB University tahap III Tahun Akademik 2022/2023 berasal dari prodi ini, yakni Reza Nur Ihsan.

“Yang menarik pada prodi ini, kita belajar tentang gizinya, kita akan tahu bagaimana membuat menu, bagaimana caranya membuat kerangka menu, lalu membuat makanan khusus misalnya untuk bayi atau anak-anak,” ungkap Reza.

Prospek karier prodi ini sangat luas, seperti kepala instalasi gizi atau unit gizi rumah sakit, food and beverage manager (hotel, restoran, katering) wirausaha bidang jasa boga (pengelola katering), pengelola toko roti dan kue (cake shop, executive chef hotel, assistant chef hotel dan food curator/food categorizer. (Fr/Rz)