Siap Jadi Mahasiswa Fakultas Kedokteran IPB University? Cek Dulu Perbedaannya dengan Kedokteran Lain

Siap Jadi Mahasiswa Fakultas Kedokteran IPB University? Cek Dulu Perbedaannya dengan Kedokteran Lain

Siap Jadi Mahasiswa Fakultas Kedokteran IPB University? Cek Dulu Perbedaannya dengan Kedokteran Lain
Berita

IPB University membuat gebrakan baru lewat pembukaan Fakultas Kedokteran (FK) pada tahun 2023. Pada angkatan pertama, total yang diterima sebanyak 50 mahasiswa dari 2.207 pendaftar. Apa saja keunggulan dan perbedaan Fakultas Kedokteran IPB University dengan yang lain? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Program Studi (Prodi) Sarjana (S1) Kedokteran IPB University hadir untuk memberikan solusi terhadap berbagai tantangan di sektor kesehatan dan kedokteran. Kehadirannya sekaligus memperkokoh posisi IPB University sebagai pusat keunggulan dalam kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan pelayanan masyarakat.

Lingkup Kedokteran IPB University berupa penguasaan ilmu biomedik, aplikasi klinik dan memanfaatkan teknologi serta entrepreneurship dalam pengembangan herbal untuk kesehatan.

Ciri khas yang menjadi pembeda FK IPB University dengan yang lain adalah kurikulum dibangun dengan konsep One Health. Tidak hanya belajar menangani masalah kesehatan pada aspek kesehatan manusia, di FK IPB University juga memperhatikan kesehatan hewan dan lingkungan dalam melaksanakan profesinya.

Melalui konsep One Health, Kedokteran IPB University bisa mencetak berbagai keunggulan. Para lulusan bisa menjadi dokter yang memiliki kemampuan memberikan layanan kesehatan profesional yang unggul dalam kedokteran herbal dan kerja sama dengan berbagai profesi dari berbagai sektor dalam penanganan berbagai isu kesehatan. Selain itu, terciptanya peneliti berkualitas yang memiliki pemahaman dan kemampuan melaksanakan riset terkemuka dalam kedokteran herbal.

Lulusan Kedokteran IPB University juga bisa menjadi penggerak transformasi dan pembangunan sosial yang memiliki peran sebagai agen perubahan dan penggerak masyarakat. Didasarkan pada etika kedokteran, dengan peran sebagai profesional, komunikator, kolaborator, advokator, manajer dan pemimpin, bertujuan untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang optimal.

Wirayudha Erlangga Prayoga, salah satu Duta IPB University ikut menyarankan calon mahasiswa untuk bergabung di FK IPB University. “Kenapa aku saranin worth it banget daftar FK IPB University, karena pertama memang dari IPB University sendiri kita sudah punya relasi yang bagus dan sangat luas untuk bekerja sama. Kedua, fasilitas yang ditawarkan juga sudah lengkap, bukan lengkap lagi, tetapi baru, ruang kelas yang nyaman dan tempat laboratorium yang lengkap,” tutur Wira saat diwawancarai.

Program pendidikan kedokteran di IPB University terbagi menjadi dua tahap, yaitu Pendidikan Sarjana Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter. Kurikulumnya didesain berdasarkan pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan dalam Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI).

Pelaksanaan pendidikan ini dirancang untuk memberikan ruang kepada calon dokter agar dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan berpikir mandiri. Caranya dengan menerapkan strategi pembelajaran berbasis komunitas, fleksibilitas pembelajaran, pemanfaatan teknologi pembelajaran dalam bidang kedokteran, dan pembelajaran kolaboratif dengan berbagai mitra di tingkat nasional maupun internasional.

Kurikulumnya sendiri menggunakan pendekatan blok terintegrasi dan mencakup 165 satuan kredit semester (SKS) untuk program sarjana kedokteran selama 8 semester, serta 56 SKS untuk program profesi dokter selama 4 semester. (Rosita/Rz)