Mau Jadi Akuntan atau Analis Keuangan? IPB University Punya Prodi Akuntansi

Mau Jadi Akuntan atau Analis Keuangan? IPB University Punya Prodi Akuntansi

Mau Jadi Akuntan atau Analis Keuangan? IPB University Punya Prodi Akuntansi
Berita

Profesi akuntan atau analis keuangan adalah sedikit dari opsi karier para lulusan program studi (prodi) akuntansi. Bagi kamu yang punya ketertarikan dan cita-cita dengan profesi tersebut, kamu bisa melirik Prodi Akuntansi Sekolah Vokasi IPB University.

Prodi Akuntansi Sekolah Vokasi IPB University kini melaksanakan program Sarjana Terapan (D4). Prodi ini dirancang untuk menghasilkan lulusan sarjana terapan dalam bidang akuntansi yang unggul di Indonesia dan berkarakter wirausaha.

Mereka juga memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas akuntansi dengan mematuhi standar dan prinsip-prinsip yang berlaku, dengan fokus pada analisis data keuangan dan pemilihan metode yang relevan. Keahlian ini juga didukung oleh pengetahuan di bidang manajemen, teknologi informasi, serta keterampilan interpersonal dan komunikasi yang kuat.

Menurut Tasya, salah satu mahasiswa Akuntansi IPB University, di prodi ini tak hanya membahas tentang keuangan saja. “Tetapi di sini kita juga diajari bagaimana berbisnis dan etika-etikanya, yang mungkin hasilnya tidak kita lihat langsung, tetapi timbal balik bisa kita rasakan ketika di beberapa tahun berikutnya,” ujar mahasiswa semester 8 ini.

Dengan pemahaman mendalam terhadap konsep teori akuntansi secara umum dan konsep-konsep terkait lainnya, mahasiswa akan mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan berbagai tugas dan masalah sekaligus mendokumentasikan hasil pekerjaan dengan jelas dan terinci melalui penyusunan laporan tertulis. Selain itu, mereka juga mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan di bidang akuntansi.

Di samping itu, keahlian yang juga disiapkan di Prodi Akuntansi IPB University adalah kemampuan bekerja secara kolaboratif dan berkomunikasi secara efektif. Baik sebagai anggota atau sebagai pemimpin tim, mereka memiliki kemampuan untuk mengoordinasikan upaya bersama dan mencapai tujuan bersama dalam konteks pekerjaan akuntansi.

Para lulusannya akan menguasai keahlian sebagai akuntan atau analis keuangan yang dapat menjalankan tugas di berbagai sektor bisnis, termasuk perusahaan jasa, perdagangan, manufaktur berskala besar, dan yang terdaftar di bursa efek (go-public).

Lengkapnya, alumni Prodi Akuntansi dapat bekerja di perusahaan (entitas bisnis) bidang usaha industri, perdagangan, jasa (kantor jasa akuntansi, konsultan pajak, kantor akuntan publik, perbankan, asuransi, instansi pemerintah baik pusat maupun daerah, lembaga sektor publik yang menerapkan praktik akuntansi. (Salsa/Rz)