Dosen Fakultas Kedokteran IPB University Lakukan Riset Kesehatan Mental Petani di Dua Desa

Dosen Fakultas Kedokteran IPB University Lakukan Riset Kesehatan Mental Petani di Dua Desa

Dosen Fakultas Kedokteran IPB University Lakukan Riset Kesehatan Mental Petani di Dua Desa
Riset

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) IPB University tergabung dalam tim Riset Kolaborasi Nasional (RKN) melakukan riset yang terintegrasi dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di dua desa yakni Desa Bugel, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

Riset kualitatif berjudul ‘Prevalensi Burnout dan Kualitas Diet pada Petani di Indonesia’ ini mengeksplorasi pola makan dan pengalaman stress guna menyusun kiat-kiat mengatasi burnout dan meningkatkan kesadaran akan bahaya stress mental. Di samping itu juga riset ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman petani tentang diet sehat sehingga meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Tim RKN terdiri dari Dr Mira Dewi, dr Yusuf Ryadi dari Fakultas Kedokteran IPB University dan dua dosen lain dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Dr Mira menjelaskan, riset dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD) untuk mengeksplorasi pola makan dan pengalaman stress psikologis pada 25 petani padi, palawija, hortikultura, perkebunan, peternakan, budidaya ikan, penangkapan ikan, dan tanaman kehutanan dari gabungan kelompok tani (Gapoktan) di desa Bugel dan Desa Sawahan.

“Pengamatan sementara hasil riset tersebut mendapati hasil bahwa petani di kedua lokasi memiliki tingkat stress yang relatif rendah. Petani menjalani kehidupan apa adanya, penuh rasa syukur dan dijalani dengan gembira,” ungkap Dr Mira.

Ia melanjutkan, pada aspek pola makan, para petani memiliki pola makan yang sudah baik yakni jenis pangan yang dikonsumsi cukup beragam seperti nasi atau roti, telur, ayam, ikan laut, tahu, tempe, buah pepaya, pisang dan berbagai jenis sayuran.

“Dari riset tersebut juga diungkapkan bahwa terdapat para petani memiliki kebiasaan mengkonsumsi gorengan dan minuman manis dalam jumlah cukup tinggi, sehingga hal ini perlu mendapat perhatian,” jelas Dr Mira

Dr Mira menjelaskan, kegiatan riset tersebut bukan sebatas mendapat luaran berupa jurnal Quartile 3 (Q3) namun untuk meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik pada petani sehingga lebih produktif. “Hasil riset ini juga diharapkan dapat menjadi dasar penyusunan program dalam menanggulangi dan mencegah terjadinya burnout pada petani,” tuturnya.

Demi meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dosen FK IPB University juga membagikan kiat melalui selebaran tips memelihara kesehatan mental yang disusun oleh Dosen FK IPB University, dr Riati SpKJ. Tips tersebut berhubungan dengan pola hidup petani, terutama pada kebiasaan tidur dan olahraga yang ternyata sering larut malam dan jarang berolahraga. (MW/Lp)