Dekan Sekolah Vokasi IPB University: Riset Terapan Harus Berbasis Masalah di Masyarakat

Dekan Sekolah Vokasi IPB University: Riset Terapan Harus Berbasis Masalah di Masyarakat

sekolah vokasi IPB, pendidikan IPB, penelitian IPB
Berita

Dekan Sekolah Vokasi (SV) IPB University, Dr Aceng Hidayat, menyampaikan bahwa Sekolah Vokasi IPB University tidak hanya memiliki pondasi yang kuat untuk melaksanakan penelitian yang dapat dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional. Tetapi juga penelitian terapan yang bersifat implementatif untuk masyarakat. Hal tersebut disampaikannya dalam Lokakarya Riset Terapan Unggulan Program Studi, Sekolah Vokasi IPB University, (16/3).

Lokakarya tersebut menjadi wadah bagi setiap ketua program studi untuk memaparkan rencana penelitian di bidangnya masing-masing. Hal ini membuktikan komitmen SV IPB University dalam menghasilkan penelitian yang inovatif dan memberikan solusi konkret untuk masalah aktual di masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi para dosen untuk diskusi mengenai rencana penelitian terapan yang akan dilakukan. Penelitian tersebut diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU) SV IPB University.

“Kami berkomitmen untuk menghasilkan penelitian yang berbasis pada permasalahan nyata di masyarakat, dengan solusi yang terintegrasi dalam keunggulan setiap program studi,” ujar Dr Aceng.

Dosen IPB University itu juga menambahkan bahwa program studi harus memiliki basis yang kuat dalam menangani permasalahan sosial. Ia menyebut, solusi dari masalah tersebut harus terintegrasi dalam roadmap yang dipresentasikan hari ini. Penelitian yang dihasilkan diharapkan berdampak tinggi, berkelanjutan, dan memperkuat posisi SV IPB University sebagai pemimpin dalam penelitian terapan.

“Kami berharap penelitian yang dihasilkan dapat meningkatkan reputasi akademis SV IPB University sekaligus memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat,” tutup Dr. Aceng.