Selamat, Prof Ujang Sumarwan Terpilih sebagai Ketua Senat Akademik IPB University

Selamat, Prof Ujang Sumarwan Terpilih sebagai Ketua Senat Akademik IPB University

Selamat, Prof Ujang Sumarwan Terpilih sebagai Ketua Senat Akademik IPB University
Berita

Senat Akademik (SA) IPB University selenggarakan sidang pleno pembacaan memorandum akhir jabatan, pemilihan Ketua SA dan serah terima jabatan (sertijab) dari Ketua SA periode 2019-2024 kepada Ketua SA periode 2024-2029. Kegiatan dilaksanakan pada Senin, 26/2 di Ruang Senat Akademik, Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Setelah diskusi antar senator dan pemilihan melalui e-voting akhirnya terpilih Ketua SA periode 2024-2029 yaitu Prof Ujang Sumarwan, Dosen Sekolah Bisnis IPB University.

Prof Yonny Koesmaryono, Ketua SA periode 2019-2024 menyerahkan langsung jabatan Ketua SA kepada Prof Ujang. Dalam sambutannya Prof Ujang berterimakasih kepada para senator yang memberikan amanat kepadanya.

“Insyaallah dengan dukungan bapak ibu semua kita dapat melaksanakan amanah ini dengan sebaik baiknya. Tentu sebagai Ketua Senat saya memiliki komitmen untuk melayani dengan penuh integritas, transparansi dan dedikasi. Kita juga akan mewujudkan bersama pentingnya tata kelola akademik demi masa depan IPB University,” ucap Prof Ujang.

Lanjutnya, dalam menjalankan peran sebagai ketua, Prof Ujang meminta dukungan kepada para anggota Senat Akademik dalam menjalankan tugasnya. “Senat Akademik adalah garda terdepan, tempat pertama dalam mengawal norma dan etika akademik. Saya percaya kolaborasi dan konsensus menjadi katalisator perubahan positif, karena itu saya akan mendorong untuk melakukan komunikasi yang terbuka juga komitmen kemitraan lintas unit,” ujarnya.

Sebelumnya, Prof Yonny Koesmaryono, Ketua SA periode 2019-2024 mengatakan bahwa setiap komisi SA sudah memberikan kontribusi yang luar biasa dan prestasi yang fenomenal. “Sebagai Ketua SA saya mengucapkan terimakasih kepada pimpinan dan seluruh anggota senator atas dukungannya. Marilah kita sama-sama berkontribusi untuk mewujudkan IPB University yang lebih baik di masa yang akan datang,” tuturnya.

Prof Syukur selaku Sekretaris SA 2019-2024, membacakan Ringkasan Eksekutif Memorandum Akhir Jabatan SA periode 2019-2024. Ia menjelaskan tentang SA IPB University berdasarkan Peraturan No 66 tahun 2013 tentang Statuta Institut Pertanian Bogor. “Senat Akademik IPB University adalah organ yang menyusun, merumuskan dan menetapkan kebijakan, memberi pertimbangan dan melakukan pengawasan di bidang akademik,” jelasnya.

“Mengenai penetapan komisi, SA dibentuk menjadi empat komisi yakni Komisi A bergerak di bidang Akademik dan Pengenbangan IPTEKS, Komisi B bergerak di bidang Tata Kelola, Anggaran dan Pengembangan Institut, Komisi C bergerak di bidang Karir Dosen dan Tanda Penghargaan, sementara komisi D bergerak di Bidang Norma dan Etika,” tutur Dosen Fakultas Pertanian ini.

Prof Arif Satria, Rektor IPB University menanggapi penjelasan Prof Syukur. Menurutnya SA merupakan sebuah lompatan yang seringkali dianggap jauh dari sempurna. “Jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lain, yang sudah kita lakukan selama ini sudah sangat baik,” ungkapnya.
.
“Terimakasih saya ucapkan kepada Prof Ronny dan Prof Syukur yang telah bersinergi dan berkolaborasi dalam membangun IPB University. Saya berharap ke depan SA lebih berkembang, responsif terhadap perubahan juga punya semangat yang sama,” tutupnya. (Lp)