Aksi Himasper IPB University Bersihkan Sungai Ciliwung

Aksi Himasper IPB University Bersihkan Sungai Ciliwung

Aksi Himasper IPB University Bersihkan Sungai Ciliwung
Student Insight

Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (Himasper), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University mengadakan Ciliwung Care Day 2024 yang berlokasi di Kedung Halang, Bogor, (25/2). Kegiatan ini merupakan aksi bersih-bersih Sungai Ciliwung untuk mendukung terciptanya sungai yang bersih dan sehat.

Muhammad Rizky Satriatama, Ketua Divisi Lingkungan dan Sosial Himasper IPB University mengatakan, pada aksi bersih sungai pada rangkaian pertama berhasil mengumpulkan sampah seberat 450 kilogram. “Satu sisi saya senang karena aksi bersih sungai ini berjalan lancar, tetapi satu sisi saya sedih karena melihat ternyata masih banyak sampah yang didapatkan di sekitar Sungai Ciliwung,” ujarnya.

Mahasiswa IPB University itu menyebut, kondisi sungai di wilayah Kedung Halang RT 02 RW 02 untuk saat ini sudah mulai jarang terlihat sampah-sampah plastik. Menurutnya, dengan kegiatan ini dapat membawa pengaruh positif kepada kondisi Sungai Ciliwung.

“Masih banyak sungai-sungai, baik Sungai Ciliwung maupun sungai lainnya yang memiliki kondisi yang tidak jauh berbeda terkait pencemarannya. Kegiatan Ciliwung Care Day ini masih akan terus berlanjut guna membangun dan mendukung terciptanya sungai yang sehat dan juga bersih,” ujar Muhammad Rizky.

Kegiatan Ciliwung Care Day ini bekerjasama dengan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC), Satgas Ciliwung, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor.

“Sangat berbahagia pada hari Minggu masih ada kepedulian dari Himasper dan lembaga lainnya untuk melakukan aksi bersih sungai. Respon yang baik ini menciptakan dorongan yang positif, memotivasi lebih banyak orang untuk bergabung dalam upaya bersama untuk mencapai sungai yang lebih bersih dan sehat,” kata Dr Gatot Yulianto, dosen IPB University dari Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan.

Komunitas Peduli Ciliwung juga menyambut baik kegiatan bersih-bersih sungai ini. “Kedatangan adik-adik mahasiswa IPB University merupakan bentuk kepedulian, peduli terhadap diri sendiri, juga peduli terhadap lingkungan,” ujar Bujang, Satgas KPC.