IPB University Gelar Pentas Seni dan Pelepasan Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun Ketiga

IPB University Gelar Pentas Seni dan Pelepasan Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun Ketiga

IPB University Gelar Pentas Seni dan Pelepasan Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun Ketiga
Berita

IPB University melalui Direktorat Administrasi Pendidikan (Dit AP) mengadakan kegiatan pentas seni dalam rangka pelepasan peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) tahun ketiga. Kegiatan ini diadakan di Graha Widya Wisuda (GWW), Kampus IPB Dramaga, Bogor pada 17/12.

Ketua panitia kegiatan, Rizki Fadlika, mengungkapkan kegiatan ini merupakan sebuah pentas seni untuk mempersembahkan kekayaan adat dan budaya nusantara. Melalui seni yang disajikan, acara ini menjadi sarana efektif untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya.

“Perayaan ini membaur antara kebahagiaan dan kesedihan karena ini merupakan akhir perjalanan kami di IPB University. Dengan dedikasi dan kerja keras, kami telah berusaha sebaik mungkin untuk menyelenggarakan acara ini. Meskipun sebuah perpisahan, semoga kenangan yang tercipta akan terus membawa keceriaan dan inspirasi di hari-hari yang akan datang,” ucapnya.

Koordinator PMM IPB University, Dr Nurhayati mengatakan program ini diikuti oleh 193 mahasiswa, terdiri dari 145 mahasiswa sarjana dan 48 mahasiswa vokasi, yang berasal dari luar pulau Jawa. Selama satu semester, mahasiswa PMM telah mengikuti 232 pilihan mata kuliah sebagai bagian dari Program PMM.

“Mata kuliah melibatkan modul nusantara yang mendalami aspek kebhinekaan, refleksi dan kontribusi sosial. Dalam perjalanan akademis, mahasiswa PMM mendapatkan bimbingan dari dosen modul nusantara, memastikan pemahaman mendalam hingga penerapan materi,” ujarnya.

Ia melanjutkan selama proses pembelajaran di IPB University, mahasiswa PMM selalu taat terhadap aturan dan tata tertib di lingkungan kampus IPB University.

“Harapannya program ini memberikan manfaat kepada peserta dan dapat meningkatkan reputasi IPB University. Keberhasilan mahasiswa PMM di tahun ketiga ini diharapkan dapat membawa nama institusi ke tingkat keunggulan yang lebih tinggi di kancah pendidikan nasional,” tuturnya.

Wakil Rektor IPB University Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Deni Noviana mengatakan, banyaknya partisipasi mahasiswa PMM dalam kegiatan ini merupakan sebuah kebanggaan karena banyak mahasiswa yang menentukan pilihan akademiknya di IPB University.

“Semua ini merupakan langkah yang luar biasa dan merupakan awal menuju perjalanan akademis yang berdampak positif serta membentuk individu mahasiswa yang selalu berkontribusi. Melalui kegiatan ini saya berharap wawasan mahasiswa dapat terus berkembang,” tutur Prof Deni. (dr/Lp)