Berkat Dosen Mengabdi Inovasi, Masyarakat Desa Purwasari Mendapat Pelatihan Budi Daya Ikan Nila

Berkat Dosen Mengabdi Inovasi, Masyarakat Desa Purwasari Mendapat Pelatihan Budi Daya Ikan Nila

Berkat Dosen Mengabdi Inovasi, Masyarakat Desa Purwasari Mendapat Pelatihan Budi Daya Ikan Nila
Berita

Kolaborasi terus dilakukan IPB University dengan berbagai pihak, salah satunya melalui Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim (DPMA) dengan menggagas program Dosen Mengabdi Inovasi.

Empat orang dosen dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University, yaitu Julia Eka Astarini, SPi, MSi; Wildan Nurussalam, SPi, MSi; Fajar Maulana, SPi, MSi; dan Dr Mia Setiawati melaksanakan program Dosen Mengabdi Inovasi dengan menggandeng Desa Purwasari sebagai mitra kolaborasi.

Desa Purwasari merupakan salah satu desa lingkar kampus. Lokasinya tidak jauh dari Kampus IPB Dramaga. Inovasi yang dilakukan adalah pelatihan budi daya ikan nila. Hal itu karena Desa Purwasari memiliki program menjadi desa sentra nila.

“Pelatihan ini memberikan wawasan bagi warga desa mengenai penerapan cara budi daya ikan yang baik (CBIB) dan budi daya intensif dengan metode bioflok,” ujar Julia Eka Astarini sebagai ketua tim saat pelatihan yang digelar di Saung Desa Purwasari (3/12).

Selanjutnya, tim Dosen Mengabdi Inovasi melaksanakan praktik langsung di salah satu kolam budi daya milik desa. Warga yang mengikuti pelatihan terdiri dari kelompok tani dan kelompok wanita tani yang sangat antusias dengan pelatihan yang dilaksanakan.

Julia mengatakan, kegiatan pengabdian pada masyarakat di Desa Purwasari ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan bagi warga. Selain itu, juga membuka kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh serta menyediakan pekerjaan yang layak bagi warga desa.

Upaya tersebut sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/SDGs) khususnya SDGs ke-8 yaitu pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi.

“Semoga dengan adanya program Dosen Mengabdi Inovasi ini, Desa Purwasari menjadi lebih maju bahkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya”, harapnya.

Kepala Desa Purwasari, Yusuf Mustofa mengatakan, “Pelatihan ini dapat menjadi contoh bagi kami dalam mempraktikkan budi daya intensif. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena sesuai dengan harapan Desa Purwasari sebagai desa sentra nila. Saya berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan dilaksanakan secara kontinyu.” (*/Rz)