IPB University Gelar Seminar Hasil Penelitian Hibah Kompetitif Jabatan Fungsional Tendik Tahun 2023

IPB University Gelar Seminar Hasil Penelitian Hibah Kompetitif Jabatan Fungsional Tendik Tahun 2023

IPB University Gelar Seminar Hasil Penelitian Hibah Kompetitif Jabatan Fungsional Tendik Tahun 2023
Berita

IPB University menyelenggarakan seminar hasil penelitian hibah kompetitif jabatan fungsional tenaga kependidikan (tendik) tahun 2023. Kegiatan ini diikuti oleh tendik yang memiliki jabatan fungsional pranata laboratorium pendidikan (PLP), pustakawan dan arsiparis. Kegiatan ini diadakan selama dua hari di Auditorium Common Class Room (CCR), Kampus IPB Dramaga Bogor (7-8,11).

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) IPB University, Dr Heti Mulyati mengatakan kegiatan ini telah diselenggarakan sejak tahun 2018. Ia mengurai, tendik yang didanai terdiri atas jabatan fungsional PLP sebanyak 17 kelompok, 3 kelompok arsiparis dan 6 kelompok pustakawan.

“Hibah kompetitif jabatan fungsional tendik diawali dari bulan April 2023. Para pengusul setiap proposal ada 2-3 orang per kelompok dan didampingi oleh dosen. Penelitian hibah ini harus menghasilkan draf publikasi ilmiah dan diharapkan bisa terbit yang jurnalnya skala nasional dan internasional,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dr Heti berharap dari seminar ini dapat memperbaiki kinerja teknis dan tata kelola sehingga ke depannya bisa bermanfaat untuk unit kerjanya masing-masing.

Sementara itu, Wakil Rektor IPB University bidang Resiliensi Sumberdaya dan Infrastruktur, Dr Alim Setiawan mengungkapkan, selain bagian dari pertanggungjawaban akademik, seminar ini juga menjadi syiar majelis ilmu untuk menebar kebermanfaatan di IPB University.

“Hibah kompetitif ini suatu hal yang harus dilaksanakan. IPB University berkomitmen untuk menjalankan program ini sebagai wahana penelitian dan menemukan fakta empiris,” tuturnya.

Dr Alim berharap ke depan cakupan peserta akan diperluas tidak hanya tendik fungsional, tetapi juga akan merambah ke tendik pelaksana.

“Kami juga berdedikasi untuk meningkatkan kompetensi baik dosen maupun tendik. Ada banyak pelatihan dan sertifikasi yang bisa diikuti. Setelah kegiatan ini, diharapkan kita bisa mengoptimalkan hasil penelitian supaya memiliki dampak yang berkelanjutan” ucapnya. (dr/Rz)