Fakultas Peternakan IPB University Jalin Kerjasama dengan PT Firm Agro Teknologi

Fakultas Peternakan IPB University Jalin Kerjasama dengan PT Firm Agro Teknologi

Fakultas Peternakan IPB University Jalin Kerjasama dengan PT Firm Agro Teknologi
Berita

Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University sepakat menjalin kerjasama dengan PT Firm Agro Teknologi (Metion). Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dilaksanakan di Ruang Sidang Fapet, Kampus IPB Dramaga Bogor, (1/11). Metion merupakan perseroan terbatas yang bergerak di bidang peternakan hulu hingga hilir. Perusahaan ini juga merupakan perdagangan besar daging dan daging olahan, termasuk daging lainnya yang diawetkan.

Dr Idat Galih Permana, Dekan Fapet IPB University, mengatakan kerjasama dengan Metion ini berkembang tidak hanya satu komoditi. Ia menyebut, kerjasama ini bisa luas ke pendidikan, riset, pengembangan produk, hingga promosi produk peternakan sebagai lahan bagi para alumni dengan misi untuk mencerdaskan bangsa.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kerjasama ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan konsumsi protein hewani. “Masyarakat semakin sadar dan semakin tinggi permintaan terhadap kebutuhan protein hewani, sehingga sektor peternakan semakin mendapat kesempatan lebih luas lagi,” ujarnya.

Direktur Metion, Faisal Rahman, SSi menyambut baik kolaborasi dengan Fapet IPB University. “Hal yang ingin kita tuju adalah valuable company, dengan peternak kita beri akses market, finance dan digital. Meskipun ada kendala tidak semua peternak bisa berhasil, kalau kita banyak diskusi dan edukasi, maka hal-hal seperti itu penting buat kita untuk menggandeng akademisi,” jelasnya.

Faisal juga menjelaskan bahwa perusahaannya sudah melakukan uji coba platform bagi peternak. Melalui platform ini, peternak bisa mendapat notifikasi mengenai apa yang harus dilakukan.

“Sederhananya, kita melibatkan mahasiswa, alumni, dan mitra peternakan. Hilirisasi kita mulai lebih awal, masuk ke online market tetapi yang perlu kita pastikan di hilirisasi adalah keberlanjutan. Kita juga merencanakan tema sustainability pada tahun 2024. Kalau kita ambil angle dalam hilirisasinya, maka upaya ini punya peran dalam keberlanjutan lingkungan,” urainya.

Kedua belah pihak sepakat bahwa MoA jadi awal yang baik, efektif dan menguntungkan, dan diharapkan berlanjut ke banyak hal yang lebih mengerucut. Kerjasama ini juga harus memberikan keuntungan dan dampak positif pada kedua belah pihak.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini diinisiasi oleh Ir Ria Susanti, alumni Fapet IPB University yang juga turut hadir bersama tim Metion. Selain itu hadir pula para Wakil Dekan Fapet, yaitu Prof Irma Isnafia Arief dan Dr Sri Suharti. (Femmy)