Purnabakti, Departemen Agribisnis IPB University Soft Launching Buku 40 Tahun Perjalanan Karier Dr Nunung Kusnadi

Purnabakti, Departemen Agribisnis IPB University Soft Launching Buku 40 Tahun Perjalanan Karier Dr Nunung Kusnadi

Purnabakti, Departemen Agribisnis IPB University Soft Launching Buku 40 Tahun Perjalanan Karier Dr Nunung Kusnadi
Berita

Melepas purnabakti salah satu sosok pendidik terbaik, Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University melaunching buku ‘40 Tahun Perjalanan Karier Dr Ir Nunung Kusnadi, MS.

Dr Nunung, seorang dosen senior di Departemen Agribisnis IPB University yang telah memberikan dedikasi luar biasa dalam mendukung pendidikan dan pengembangan agribisnis di Indonesia. Ia lahir di Purwakarta, Jawa Barat pada tanggal 8 September 1958.

Pak Nunung, begitu sapaan akrabnya, adalah lulusan Departemen Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian IPB tahun 1982. Keahliannya di bidang ini terus berkembang. Pada 1990, ia berhasil menyelesaikan gelar S2 Ilmu Ekonomi Pertanian IPB, kemudian melanjutkan studi doktor di program studi (prodi) yang sama pada tahun 2005. Ia juga pernah mengikuti short course “Business Dynamic” yang diadakan di Belanda pada 2007.

Dr Nunung memulai kariernya sebagai asisten dosen di Fakultas Pertanian IPB pada tahun 1982 dan telah mengabdi selama 40 tahun di kampus ini. Selama perjalanannya, ia telah menduduki berbagai posisi penting, termasuk Sekretaris Laboratorium Agribisnis di Faperta IPB tahun 1990. Ia menduduki posisi Sekretaris Prodi Diploma III Manajemen Agribisnis (D3 MAB) IPB selama 2005-2013. Di periode tersebut, ia juga dipercaya menjadi Ketua Departemen Agribisnis IPB University pertama sejak departemen ini didirikan.

Pengabdiannya dalam dunia akademik juga diakui dengan penghargaan Dosen Teladan III di level Fakultas Pertanian IPB pada tahun 1996. Tidak hanya itu, pada tahun 2003, Dr Nunung juga mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tidak hanya berfokus pada pengajaran, Dr Nunung juga terlibat dalam penelitian dan proyek-proyek kolaboratif dengan pemangku kepentingan di dunia industri dan bisnis, seperti dalam Project Multi Year Agreement selama 4 tahun dengan Maastricht School of Management (MSM) periode 2008-2011. Ia adalah Project Leader dalam proyek-proyek The Netherlands Initiative for Capacity Development in Higher Education (NICHE) yang menunjukkan perannya sebagai pemimpin dan inovator dalam pengembangan agribisnis di Indonesia.

Dalam bidang pendidikan, Dr Nunung Kusnadi mengajar sejumlah mata kuliah pada program sarjana dan pascasarjana dengan fokus utama pada usaha tani dan metode kuantitatif. Sepanjang pengabdiannya itu, ia telah membimbing dan meluluskan lebih dari 150 orang sarjana, 200 orang magister dan 18 orang doktor. Kontribusinya dalam penyusunan buku referensi dan pedoman penulisan karya ilmiah juga sangat berharga bagi mahasiswa IPB University.

Dalam dunia penelitian, Dr Nunung Kusnadi telah menjadi peneliti utama maupun anggota dalam berbagai penelitian yang didanai oleh instansi pemerintah da instansi lainnya. Lebih dari 130 artikel ilmiah yang dihasilkannya telah diterbitkan di berbagai jurnal nasional dan internasional.

Selain itu, Dr Nunung juga menjadi salah satu tim evaluasi paruh waktu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 bidang perkebunan. Ia pernah mengabdikan diri sebagai tim penilai varietas tanaman perkebunan, Kementerian Pertanian.

Dalam organisasi profesi tingkat nasional, ia pernah aktif sebagai pengurus Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) dan Asosiasi Agribisnis Indonesia (AAI). Keikutsertaannya dalam berbagai kegiatan profesi ini telah memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan bidang agribisnis di Indonesia. (NA/Rz)