IPB University Menjadi Host The 2nd ECOGIV Annual Meeting, Datangkan Delegasi Lintas Benua

IPB University Menjadi Host The 2nd ECOGIV Annual Meeting, Datangkan Delegasi Lintas Benua

IPB University Menjadi Host The 2nd ECOGIV Annual Meeting, Datangkan Delegasi Lintas Benua
Berita

Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL) Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University menjadi host The 2nd ECOGIV Annual Meeting, 28/8.

Ecosystem-based management of COastal marine resources in Ghana, Indonesia and Vietnam (ECOGIV) merupakan proyek kerjasama penelitian dan pendidikan dengan empat institusi. Keempat institusi tersebut yaitu Faculty of Biosciences, Fisheries and Economics, The Arctic University of Norway (UiT); Faculty of Economics, Nha Trang University (NTU), Vietnam; Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University; School of Economics, University of Cape Coast (UCC), Ghana. Keempat institusi tersebut berada dibawah payung the Norwegian Programme for Capacity Development in Higher Education and Research for Development phase II yang didanai oleh Norwegian Agency for Development Cooperation (NORAD) pada periode 2021-2026.

Tujuan umum proyek ECOGIV adalah pengembangan kapasitas dalam pendidikan tinggi dan penelitian di tiga universitas mitra yaitu NTU, IPB University dan UCC. Sedangkan tujuan khususnya yaitu penguatan kapasitas terkait kompetensi ekonomi sumber daya kelautan untuk mitra di benua selatan, penguatan sistem penelitian dan pendidikan melalui kemitraan perguruan tinggi di benua utara-selatan, mengembangkan program PhD internasional di NTU, penelitian bersama lintas benua, dan pengarusutamaan gender melalui dukungan untuk akademisi perempuan (program mentoring).

Prof Ernan Rustiadi, Wakil Rektor IPB University Bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Agromaritim, menyampaikan sejalan dengan tujuan ECOGIV, IPB University telah mengembangkan konsep Agromaritim 4.0. Ia menerangkan, konsep tersebut merupakan sebuah platform yang memberikan arahan dalam meningkatkan peran perguruan tinggi untuk memberikan solusi terhadap permasalahan nasional dan global. Khususnya permasalahan terkait ketahanan pangan, kemiskinan, lingkungan hidup, perubahan iklim, dan penyakit menular.

Dr Irfan Syauqi Beik, Dekan FEM IPB University menerangkan, pihaknya mendukung penuh kegiatan ECOGIV dan sangat terbuka untuk kolaborasi selanjutnya di masa yang datang.

“Kegiatan Annual Meeting ini menjadi sarana untuk memperluas jejaring internasional IPB University. Ini juga membuka peluang IPB University untuk mendapatkan hibah pendanaan fase III, mengingat IPB University memiliki kapasitas sumberdaya manusia yang mumpuni di bidang ekonomi sumberdaya perikanan dan fasilitas akademik yang dapat diandalkan,” kata Dr Irfan Syauqi Beik.

Ketua Delegasi sekaligus koordinator ECOGIV, Prof Claire Armstrong mengapresiasi atas penyambutan luar biasa dari IPB University. Ia juga merasa senang bisa berkolaborasi dengan kampus besar seperti IPB University. Lanjutnya,

“Para mahasiswa program S3 pada proyek ini adalah ibarat mutiara yang perlu dijaga untuk kesuksesan ECOGIV,” katanya.