IPB University Terima 194 Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

IPB University Terima 194 Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

IPB University Terima 194 Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka
Berita

IPB University menerima 194 Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 3 Tahun 2023 di Auditorium Andi Hakim Nasution, Kampus Dramaga, Bogor (17/8). Mahasiswa PMM Batch 3 terdiri dari 147 mahasiswa program sarjana dan 47 program vokasi yang dari perguruan tinggi di berbagai penjuru negeri.

PMM merupakan salah satu program flagship Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) untuk kanal pertukaran mahasiswa antarperguruan tinggi di dalam negeri dengan klaster antarpulau.

Dalam sambutannya, Rektor IPB University Prof Arif Satria menyebut, momentum untuk belajar di IPB University merupakan ladang untuk menuntut ilmu. Menurutnya, semakin bulat tekad untuk menuntut ilmu maka makin banyak juga ilmu yang didapatkan.

“Kebahagiaan itu karena kita punya keluarga, sahabat dan pekerjaan yang baik. Kesempatan Anda saat ini adalah mempererat persahabatan antarperguruan tinggi. Semoga IPB University bisa memberikan nilai tambah untuk pengembangan diri Anda ke depannya,” ucapnya.

Koordinator PMM Batch 3 IPB University, Dr Nurhayati mengatakan, konsep kegiatan ini adalah pertukaran mahasiswa agar mereka dapat mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi yang diinginkan. Kemudian, mahasiswa akan mengikuti kegiatan modul nusantara dengan bobot empat satuan kredit semester (SKS) dari total 20 SKS yang diberikan.

“Untuk dosen modul nusantara, dipilih sebanyak delapan dosen dan dibantu liaison officer (LO). Ini merupakan ciri khusus dari program PMM supaya mahasiswa dari berbagai daerah mengenal keberagaman di daerah tempat tujuan mereka belajar,” ucapnya.

Selain itu, ucap Dr Nurhayati, mereka juga akan mendapat inspirasi dari tokoh-tokoh daerah dan memperluas wawasan untuk memperkuat kesatuan bangsa Indonesia.

Salah satu peserta PMM dari Universitas Cendrawasih, Rahel mengungkapkan, program PMM ini sangat bagus untuk mahasiswa karena menjadi ajang pengembangan kemampuan diri untuk belajar lebih dalam tentang kebhinekaan dan menghargai budaya antardaerah.

“IPB University adalah top 5 perguruan tinggi di Indonesia. Itulah alasan saya untuk menempuh ilmu dan belajar di salah satu kampus terbaik ini,” terangnya. (dr/Rz)