IPB University Mewisuda 29 Peternak Domba dalam Gelaran Wisuda Kampus Desa

IPB University Mewisuda 29 Peternak Domba dalam Gelaran Wisuda Kampus Desa

ipb-university-mewisuda-29-peternak-domba-dalam-gelaran-wisuda-kampus-desa-news
Berita

IPB University sukses menggelar Wisuda Kampus Desa yang berlangsung di Saung Kampus Desa Mekar Jaya RT 05/ RW 06, Desa Neglasari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor (9/5). Dalam kesempatan tersebut, Rektor IPB University, Prof Arif Satria, meluluskan 29 wisudawan yang merupakan peternak domba di Desa Neglasari.

”Wisuda Kampus Desa ini merupakan yang pertama di Indonesia, bahkan di dunia. Belum ada lembaga lain yang menyelenggarakan Kampus Desa sebelumnya,” ungkap Koordinator Program Kampus Desa, Dr Ir Yannefri Bakhtiar. 

Ia menjelaskan, program Kampus Desa pertama kali dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (P2SDM) IPB University pada tahun 2016 dan telah mendapat hak kekayaan intelektual dari Kemenkumham pada tahun 2021. Di Desa Neglasari, Program Kampus Desa tematik domba telah berjalan sejak tahun 2019. 

”Program tersebut melibatkan dua kelompok peternak yaitu Mekar Jaya dan Sugih Mukti. Selama 16 kali pertemuan, peserta mendapatkan berbagai materi seperti beternak domba sehat, pakan hijauan, praktek penanaman pakan, sanitasi kandang, jaringan pemasaran domba, dan potensi kampung wisata edukasi domba,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Prof Arif mengapresiasi kinerja dan usaha para wisudawan dalam mengikuti program Kampus Desa. Ia menerangkan, masyarakat akan maju apabila dekat dengan teknologi. IPB University sebagai perguruan tinggi berkomitmen menyebarkan ilmu dan teknologi dalam rangka meningkatkan produktivitas masyarakat. 

”IPB University telah hadir di 4.200 titik desa di Indonesia dalam rangka membangun kemandirian masyarakat dengan inovasi dan teknologi yang disalurkan. Selain itu, kami membantu masyarakat membangun konektivitas dengan pasar. Apabila ingin semakin kuat, kita dituntut untuk selalu berinovasi. Dengan begitu, tercipta masyarakat yang mandiri,” ucapnya. 

Hal senada disampaikan Kepala P2SDM IPB University, Associate Prof Amiruddin Saleh. Menurutnya, berjalannya Kampus Desa tidak lepas dari partisipasi berbagai pihak, baik pemerintah daerah maupun masyarakat setempat. Ia menegaskan, program Kampus Desa merupakan langkah konkret IPB University dalam upaya memberdayakan masyarakat. 

”Program seperti pembinaan ini tidak cukup dengan dua tahun sekali. Besar harapan, dapat terus berjalan sehingga masyarakat di desa tidak hanya berdaya saja, namun juga mandiri,” pungkasnya.

Wisuda Kampus Desa pertama ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bogor, Camat Dramaga, dan Kepala Desa Neglasari. Selain itu, beberapa mahasiswa pertukaran pelajar dari University of British Columbia (UBC) turut hadir dan menyaksikan prosesi tersebut.