Mahasiswa IPB University Ciptakan Aplikasi Curhat Milenial di Line

Mahasiswa IPB University Ciptakan Aplikasi Curhat Milenial di Line

mahasiswa-ipb-university-ciptakan-aplikasi-curhat-milenial-di-line-news
Prestasi

Rahmat Zuhair, mahasiswa Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), IPB University menggagas sarana bimbingan dan konseling “Official Account Line” melalui pendekatan Gestalt. Gestalt merupakan terapi yang fokus pada seluruh pengalaman klien “here and now” lalu memadukannya dengan bagian-bagian kepribadian yang terpecah di masa lalu.

Aplikasi Line ia gunakan mengingat pengguna Line yang terus meningkat tajam di Indonesia dalam dua tahun terakhir (2014-2015). Sejak 2014 peningkatan penggunaan mencapai 200 persen, bahkan saat ini tidak kurang dari 90 juta netizen Indonesia merupakan pengguna layanan chatting Line. Fenomena tersebut di atas menunjukkan bahwa Line merupakan salah satu media sosial online popular dan disukai oleh masyarakat di Indonesia.

“Kami menggunakan media Line, dimana 41 persen pengguna berumur 18 hingga 22 tahun dan 18 persen berumur di bawah 17 tahun. Ini merupakan langkah yang tepat dalam melakukan proses bimbingan konseling pada generasi milenial yang pada dasarnya masih memiliki ketidakseimbangan emosi,” terang Rahmat, mahasiswa asal Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut.

Rahmat menerangkan bahwa nantinya Official Account Gen U pada saat melakukan identifikasi masalah yang pertama kali, admin dari OA Line Gen U akan menghubungkan klien yang sudah teridentifikasi masalahnya dengan konselor yang punya keahlian di bidang bimbingan konseling ataupun psikologi. Fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan pada OA line tersebut diantaranya adalah pesan siaran, personal chat, postingan motivasi yang dapat menggugah jiwa klien.

Melalui inovasinya, Rahmat merah juara 3 pada Lomba Esai Guidance And Counseling Festival 2019 Himpunan Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling (HMJ BK), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, akhir November lalu.

“Saya senang sekali menjadi salah satu pemenang dan ikut andil dalam menawarkan ide terkait inovasi bimbingan konseling di era 4.0 ini. Walaupun saya mahasiswa dari jurusan ekonomi tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dapat meyusun naskah esai tentang bimbingan dan konseling. Ini juga merupakan hasil dari proses pembelajaran saat tingkat awal di IPB University yang membuat kita mahasiswa baru pada saat itu belajarnya menyeluruh,” ungkapnya.

Gen U ini diharapkan dapat menjadi media untuk mahasiswa dan siswa yang notabenenya sering bermain Line dapat sekaligus melakukan konseling online dengan konselor yang mumpuni di bidangnya. “Saya harap dengan adanya inovasi media bimbingan dan konseling yaitu Gen U di Line membuat mahasiswa dan siswa lebih peduli terhadap kesehatan psikis masing-masing dan juga tidak membuang waktu untuk menjadikan OA Line sebagai media julid dan bahan candaan semata,” tutupnya. (SHM/Zul)

Keyword: Line, Official Account Gen U, Milenial, Juara 3 Lomba Esai Guidance And Counseling Festival 2019, IPB University