Ekonomi Produktif Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan

Ekonomi Produktif Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan

ekonomi-produktif-sebagai-upaya-penanggulangan-kemiskinan-news
Berita

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungaan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bogor mengadakan pelatihan keterampilan usaha ekonomi produktif bagi keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahtera 1. Sebanyak 30 peserta yang mengikuti pelatihan ini merupakan anggota-anggota Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Kamis (31/10).

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan pendapatan keluarga melalui pelatihan keterampilan pengelolaan usaha mikro. Usaha yang diusulkan untuk dikembangkan di wilayah Tenjolaya adalah warung pecel lele. Pengembangan usaha tersebut dilakukan karena keluarga PKH telah mendapatkan bantuan bibit lele dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor.

Pada pelatihan tersebut peserta dibagi menjadi 3 kelompok yang beranggotakan 10 orang untuk mengembangkan usaha warung pecel lele. Masing-masing kelompok akan diberikan modal dan berbagai peralatan untuk mendirikan warung pecel lele.

Kepala Divisi Ilmu Konsumen dan Ekonomi Keluarga IPB University sekaligus narasumber pada kegiatan ini, Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA mengatakan bahwa kemiskinan merupakan masalah yang komplek sehingga diperlukan penanganan yang terpadu dan berkelanjutan.

“Oleh karena itu diperlukan dukungan dan sinergi dari semua pihak dalam mengentaskan kemiskinan. Kami berharap program ini dapat berjalan dengan baik sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan keluarga,” papar Dosen IPB University itu.

Lilik menambahkan, dengan diselenggarakannya program tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu upaya dalam percepatan penanggulangan kemiskinan khususnya di Kabupaten Bogor.
“Pada bulan November ini, pelatihan akan diselenggarakan di Kecamatan Cijeruk, Leuwisadeng, Ciampea dan Megamendung. Pelaksanaan pelatihan ini nantinya akan melibatkan dosen-dosen dari Divisi Ilmu Konsumen dan Ekonomi Keluarga  di Departemen IKK IPB University. Ini sebagai bukti nyata kalau IPB University turut andil dalam upaya penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Bogor,” pungkas Lilik. (Fika/RA)

Keyword: penanggulangan kemiskinan, pecel lele, PKH,