Bibikost Aplikasi Pencari Kos Karya Mahasiswa IPB University Raih Juara Lomba Bisnis


Kebingungan dan peliknya mencari kos-kosan pilihan masih menjadi masalah tersendiri bagi pencari kosan khususnya para mahasiswa IPB University. Mencari kosan yang sesuai kriteria dan idaman memang tidak mudah untuk langsung deal, perlu survei ke beberapa tempat dan negosiasi yang cukup panjang.

Melihat permasalahan tersebut, tiga mahasiswa IPB University unjuk inovasi untuk memberi solusi bagi para pencari kosan dan kontrakan sesuai pilihan. Mereka ialah Ahmad Sudrajat, Kharis Hidayat. dan Kautsar Ibrahim Hilmi  dengan inovasi start up Bibikost, solusi mudah mencari tempat tinggal pilihan mahasiswa.
“Saya dan tim memiliki keinginan untuk memudahkan seluruh mahasiswa Indonesia khususnya mahasiswa IPB University dalam mencari kos aau kontrakan sesuai pilihan. Kita juga ingin membantu para pemilik atau mitra kos dan kontrakan untuk memasarkan propertinya kepada calon konsumen mereka. Semoga start up ini dapat terus berkembang dan menjadi jembatan bagai pencari kos/kontrakan dengan pemilik kos/kontrakan,” ujar Ahmad Sudrajat.

Saat ini Bibikost sudah berkembang ke tahap website, instagram, dan OA Line. Ahmad menambahkan bahwa Bibikost juga memiliki fitur khusus pada Line, yaitu chatbot Line, sebuah program yang dirancang untuk merespon percakapan dengan manusia baik secara audio, teks, maupun gambar.

Tak hanya itu, program mengusung karya dan inovasi Bibikost, ketiganya berhasil meraih Juara 1 Business Plan Competition pada acara National Economic and Management Olympiad (NEMO) 2019  yang diadakan oleh  Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB University pada 21-22 September lalu.

Kompetisi bisnis yang bertema “The Role of Digital Technology to Realising the Creative Economy for SDGs” diikuti oleh berbagai mahasiswa di Indonesia yang masuk dalam sepuluh proposal bisnis terbaik. Setelah melalui serangkaian perlombaan dan challenge dari dewan juri, delegasi IPB University berhasil meraih juara pertama dalam lomba ini.

Ahmad dan rekan berharap semoga ke depannya bisa lebih banyak membantu mahasiswa dan para mitra kita dan menjadi solusi atas kebingungan dalam mencari tempat tinggal. (HA/ris)



Published Date : 16-Oct-2019

Resource Person : Ahmad Sudrajat, Kharis Hidayat. dan Kautsar Ibrahim Hilmi

Keyword : Bibikost, aplikasi pencari kos, mahasiswa IPB University