Aplikasi My Worker Karya Mahasiswa IPB University Raih Juara 2 Nasional


Tenaga kerja berkontribusi sebagai penopang perekonomian negara. Selain penggerak ekonomi, tenaga kerja juga menjadi pelaku utama dalam pembangunan peradaban. Namun bukan berarti peran penting ini tidak memiliki permasalahan. Permasalahan yang kerap terjadi pada tenaga kerja adalah sulitnya akses informasi lapangan kerja. 

Permasalahan tersebut kemudian mendorong Kodarusman, mahasiswa Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (IPTP), Fakultas Peternakan IPB University menggagas sebuah aplikasi yang ia beri nama MyWorker. Aplikasi MyWorker merupakan aplikasi berbasis teknologi digital untuk menunjang peningkatan kesejahteraan tenaga kerja Indonesia. 

“Aplikasi yang saya rancang ini digunakan sebagai salah satu media digital untuk melindungi, mengawasi serta meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja melalui kontrol pihak Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI. MyWorker akan menghubungkan pihak tenaga kerja dengan pihak Kemnaker agar sumberdaya informasi yang ada dari pihak pemerintah dapat tersalurkan dengan cepat dan merata kepada tenaga kerja,” terang Kodarusman. 

Ia menerangkan bahwa aplikasi MyWorker dapat menjadi media pencerdasan informasi ketenagakerjaan bagi tenaga kerja maupun angkatan kerja yang belum mendapatkan pekerjaan. Contoh informasi ketenagakerjaan yang tersedia adalah Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK), Upah Minimum Propinsi (UMP), profil-profil perusahaan, rekam jejak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) suatu perusahaan, kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan dan informasi lainnya yang berkaitan dengan ketenagakerjaan.

Melalui gagasannya, Kodarusman meraih Juara II dalam Lomba Essay Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung, Juli lalu. “Saya sangat senang karena bisa bertemu dengan orang-orang yang punya inovasi untuk Indonesia khususnya di bidang ketenagakerjaan. Saya sangat kagum juga kepada peserta lainnya karena ide dari peserta lainnya bagus-bagus dan layak diimplementasikan,” ungkap Kodarusman. 

Kodarusman berharap agar aplikasi yang ia rancang dapat memberikan rasa aman, nyaman, baik dan benar bagi tenaga kerja Indonesia. Ia juga berharap ide yang ia gagas tersebut mendapatkan perhatian dari pihak terkait seperti pihak kampus, pihak pemerintah dan yang lainnya sehingga bisa terealisasi dan bermanfaat bagi masyarakat luas. (SMH/Zul)



Published Date : 12-Aug-2019

Resource Person : Kodarusman

Keyword : Tenaga Kerja, Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, Aplikasi My Worker, IPB University.