Mahasiswa Baru Angkatan 53 Mengenal FKH IPB

Mahasiswa Baru Angkatan 53 Mengenal FKH IPB

Mengenal-FKH
Berita
Lebih dari 300 mahasiswa termasuk mahasiswa kelas internasional Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) mengikuti kegiatan perkenalan fakultas di Ruang Kuliah-A FKH, Kampus IPB Darmaga Bogor (29/8).  Acara ini bertujuan untuk mengenalkan profesi kedokteran hewan dan meningkatkan semangat belajar bagi mahasiswa baru FKH IPB dan mengenalkan kegiatan serta prestasi FKH IPB.
 
Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKH IPB, drh. Agus Setiyono, MS, PhD, APVet menjelaskan bahwa FKH sangat dibutuhkan keberadaannya, mengingat kondisi Indonesia yang masih banyak menganut pola pemeliharaan hewan tradisional yang berisiko menularkan penyakit hewan pada manusia sesuai. Hal ini sejalan dengan motto FKH IPB “Menyelaraskan keharmonian antara kesehatan hewan, manusia dan lingkungan (one health)”. Ia juga mengingatkan bahwa tujuan pendidikan di FKH IPB ini adalah untuk membentuk seorang dokter hewan, bukan hanya sarjana kedokteran hewan.
 
Dalam kesempatan ini, para peserta mendapat materi keprofesian dari drh. Gustav A Mueller, alumni FKH IPB yang telah bekerja sebagai dokter hewan. Ia memberikan motivasi dan strategi untuk belajar di IPB dan menekankan bahwa yang harus dicari nanti saat bekerja adalah kebahagiaan, maka kesuksesan pasti mengikuti.  Selain itu peserta juga mendapat pengarahan pendidikan dari Komisi Pendidikan FKH drh. Titiek Sunartatie, MS yang menjelaskan capaian pembelajaran, tata tertib dan aturan yang berlaku di FKH IPB serta pengenalan Lembaga Kemahasiswaan (LK) dan kegiatan kemahasiswaan dari Ketua LK FKH IPB.
 
Dalam rangka mengenalkan FKH IPB lebih dekat, peserta diajak mengikuti kegiatan “Tour de FKH dan RSHP” dimana mahasiswa baru diajak berkeliling Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) IPB dan mendapatkan penjelasan tentang bagian-bagian yang ada di Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) seperti Vetshop, ruang perawatan dan apoteker serta fungsi dan kegiatan di RSHP IPB. Selain itu mahasiswa baru juga dikenalkan bangunan di sekitar FKH IPB dan laboratorium di FKH IPB serta diajak berkeliling Unit Rehabilitasi Reproduksi (URR) IPB.(RF)