Ratusan Pelaku Industri Buah dan Bunga Akan Ikuti FBBN Internasional 2016

Ratusan Pelaku Industri Buah dan Bunga Akan Ikuti FBBN Internasional 2016

FBBNI
Berita
Ratusan pelaku industri buah dan bunga mengikuti sosialisasi penyelenggaraan Festival Buah dan Bunga Nusantara International (FBBNI) 2016, Kamis (21/7), di IPB International Convention Center (IICC) Bogor. Para pelaku industri buah dan bunga ini berkomitmen akan mengikuti FBBNI-2016. Mereka berasal dari kelompok produk benih dan bibit, pupuk, pestisida dan hormon, buah dan bunga segar, buah dan bunga olahan, industri kesehatan berbahan baku buah dan bunga, industri pariwisata berbasis kebun buah dan bunga nusantara, peralatan pertanian, mesin pertanian, media pertanian, outlet buah dan bunga, dan lembaga keuangan/pembiayaan.
 
Ketua penyelenggara FBBNI 2016, Dr. Meika Syahbana Rusli mengatakan FBBN bertaraf internasional diselenggarakan dengan mengeksplorasi kekayaan buah dan bunga  nusantara dan mempromosikan potensi ekspornya ke mancanegara sebagai bagian dari program Gerakan Revolusi Oranye.  Tujuan dari FBBNI ini adalah meningkatkan jumlah  dan kapasitas produsen dan eksportir dalam memproduksi dan  memasarkan buah dan bunga nusantara berkualitas ekspor; membantu meningkatkan kesadaran akan standar kualitas ekspor dan kebutuhan pasar bagi para produsen dan eksportir buah dan bunga nusantara; meningkatkan kualitas, jumlah, konsistensi dan kesinambungan dari produk buah dan bunga nusantara yang berkualitas ekspor; mempromosikan kekayaan dan keragaman buah dan bunga nusantara serta potensinya ke pasar global.
 
Ia menambahkan, FBBNI 2016  akan menghadirkan 500 International Trade Visitor yang berasal dari kalangan bisnis internasional (importir/distributor/wholesaler/agent/retailer), manufacturing produsen makanan dan minuman olahan, asosiasi atau Kamar Dagang Negara tujuan ekspor, institusi pemasaran internasional, serta institusi kerjasama perdagangan internasional. Negara-negara yang akan hadir meliputi negara ASEAN (9 negara), Asia (China, Japan, Taiwan, South Korea), Timur Tengah (UAE, Saudi Arabia, Qatar, Kuwait, Jordan), Australia, Eropa, dan Amerika.
 
Sebanyak 20 ribu pengunjung dalam negeri akan menghadiri acara ini, berasal dari berbagai kalangan, baik  pelaku usaha buah dan bunga nusantara (segar maupun olahan) termasuk berbagai  sarana penunjangnya, institusi pemerintah, maupun masyarakat umum.
 
Sebagaimana diketahui, tahun ini, Indonesia akan menyelenggarakan FBBN bertaraf internasional di Kota Bogor pada 17-20 November 2016. Diselenggarakannya FBBN bertaraf internasional merupakan perintah Presiden Jokowi secara langsung kepada Menteri Pertanian dan Institut Pertanian Bogor (IPB) agar Indonesia pada tahun 2016 mampu mengadakan kampanye buah dan bunga nusantara kepada masyarakat dunia, dengan memamerkan produk-produk unggulan yang berpotensi ekspor dan mendatangkan buyer internasional dari berbagai negara.
 
Adapun jenis-jenis kegiatan internasional yang akan dilaksanakan yaitu: Exhibition, Novelty  (Innovative Product), Business Matchmaking, Export Business Coaching, dan Conference. Sedangkan Program Nasional yaitu Fruit Contest, Fruit and Floriculture Room Decoration Contest, Fruitpreneur Got Talent, Sales Exhibition, Carnival, Various Competitions. (Awl)
 
  
Informasi Lengkap Hubungi:
Yatri I Kusumastuti
Divisi Komunikasi FBBN Internasional 2016
0813 1511 9808