Mahasiswa IPB Belajar Teknologi Genomic

Mahasiswa IPB Belajar Teknologi Genomic

DSC_0349
Berita
Teknologi Genomic merupakan hot research yang tengah dikembangkan di dunia internasional saat ini.  Teknologi ini dapat berdampak ke dalam berbagai bidang, terutama dampak ekonomi. Demikian disampaikan Muhamad Arif budiman, PhD, tim Leader and Scientist Genome Technologies ketika  menyampaikan kuliah umum bertajuk “Genomic: Manfaat dan Pengembangannya”, di Ruang Pascasarjana Kampus IPB Darmaga, (31/3). Antusiasme mahasiswa sangat tinggi terkait kuliah ini, terlihat dari banyaknya peserta yang hadir.
 
Arif menambahkan, teknologi genomic ini tengah dikembangkan di negara maju seperti Amerika. Genomic dapat dikembangkan untuk dunia kedokteran dengan human genomic, dunia pertanian, dunia peternakan, ilmu komputer dan farmasi.
 
Dalam dunia kedokteran manusia, dengan  teknologi genomic ini dapat mendeteksi kanker dengan cepat. Dalam dunia pertanian, dengan ilmu ini kita dapat memilah bibit yang sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini telah dilakukan Malaysia dalam memilih gen tanaman sawit. Demikian juga dengan dunia peternakan.
 
Menurut Arif, Indonesia harus segera mengembangkan teknologi ini jika tidak ingin tertinggal oleh negara lain. Karena  menurutnya, akan banyak dampak besar dalam berbagai bidang, terutama dampak ekonomi. (dh)
 
 
Kontak : Suhendrik 081313139628