Pakar IPB Ajarkan Transplantasi Karang di Banda dan Kapoposang

Pakar IPB Ajarkan Transplantasi Karang di Banda dan Kapoposang

IMG_2931
Riset

Transplantasi Karang pertama kali diujicobakan oleh LIPI, AKKII, dan IPB pada tahun 1996-2000. Sudah banyak penelitian yang dilakukan IPB tentang transplantasi karang. Hampir 20 tahun penelitian dan pengembangan tranplantasi karang di Indonesia, banyak dilakukan di Kepulauan Seribu.

Pakar terumbu karang IPB Dr. Hawis Madduppa dan Beginer Subhan, M.Si menjadi narasumber dalam mengajarkan transplantasi karang pada pengelola dan penduduk di Taman Wisata Perairan Laut Banda dan TWP Kapoposang. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tanggal 2-5 Desember 2014 di Pulau Kapoposang dan 9-11 Desember 2014 di Pulau Bandanaira.

Peserta yang terdiri para nelayan dan masyarakat umum langsung diberikan pengalaman dalam pelaksanaan transplantasi karang. Pertama, cara pemilihan bibit, persiapan bibit, pemasangan karang, transportasi karang dari lokasi bibit, dan penanaman pada subsrat.

Pada kesempatan itu juga disampaikan tentang sejarah perkembangan transplantasi di Indonesia, metode transplantasi untuk rehabilitasi ekosistem dan pemutaran film tentang kisah sukses dan kisah yang kurang sukses dalam kegiatan transplantasi karang di Kepulauan seribu.