Dendeng Jamur Tiram

Dendeng Jamur Tiram

jamur-tiram
Berita

Kegiatan pelatihan olahan jamur tiram menjadi dendeng merupakan salah satu Program Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Departemen  Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB (25/10) di rumah Posdaya Kenanga, Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat. Kegiatan ini diikuti oleh dua Posdaya, yaitu Posdaya Kenanga dari Kelurahan Situ Gede dan Posdaya Harapan Maju dari Desa Sukadamai. Jumlah pesertanya sekitar 10 orang.

Program ini dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam bentuk pendidikan, pelatihan, dan pelayanan masyarakat, serta kaji tindak dari Ipteks yang dihasilkan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan. “Tujuan program ini untuk menerapkan hasil-hasil Ipteks untuk pemberdayaan masyarakat sehingga dapat menghasilkan perubahan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dari kelompok masyarakat, mengenai pengolahan jamur tiram menjadi dendeng. Dendeng jamur tiram disukai semua orang karena tidak kalah enak dan lezat, sama seperti dendeng daging sapi rasanya,” kata Dr. Ir. Sri Listiyowati, M.Si,  instruktur, peneliti dan dosen dari Departemen Biologi FMIPA IPB.

Menurut Dr. Sri, “Selama ini panen jamur tiram seringkali dijual sebagai jamur segar, sehingga jumlah jamur tiram melimpah di pasar pada waktu panen raya, ataupun menjelang hari raya lebaran tiba. Hal ini menyebabkan harga jual jamur tiram ditingkat petani menurun/sangat rendah, sehingga menyebabkan kerugian dipihak petani.” Lebih lanjut ia mengatakan, "Oleh sebab itu perlu upaya pengembangan olahan jamur tiram yang bernilai ekonomis tinggi, dengan tujuan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat maupun petani jamur tiram itu sendiri. Olahan jamur tiram yang telah berkembang dan sedang populer saat ini adalah bentuk Crispy."

“Namun dalam hal ini olahan jamur tiram yang ingin dikembangkan dan diperkenalkan kepada masyarakat adalah dendeng jamur, dengan membidik pasaran menengah ke atas terutama yang vegetarian. Karena harga di toko untuk tiap kemasan 100 gram adalah Rp 25.000,-. Jika ingin langsung memesan, dapat menghubungi Posdaya Kenanga di Situ Gede dengan Ibu Salikan (085319417928), harganya bisa lebih murah,” tambahnya.

Resep dendeng jamur tiram adalah sebagai berikut. Bahan-bahannya, 2 kg jamur tiram segar, 150 gram lengkuas, 25 gram ketumbar, 14 siung bawang merah, 600 gram gula merah, dan garam secukupnya.

Harapannya masyarakat lingkar kampus IPB yang berada di sekitar lumbung jamur tiram bisa membuat dendeng jamur tiram. Dengan demikian dapat mensinergikan kerjasama antara petani jamur tiram dengan masyarakat di sekitarnya. Semua dapat berpartisipasi aktif memberdayakan diri mereka sendiri, memberantas kemiskinan, pengangguran, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat lingkar kampus IPB. (AWL)