Peringati Hari Jadi Bogor Ke-532 dengan Biopori

Peringati Hari Jadi Bogor Ke-532 dengan Biopori

bima-arya
Berita

Teknologi Lubang Resapan Bipori (LRB) yang merupakan salah satu inovasi Institut Pertanian Bogor kini semakin banyak dikenal masyarakat. Teknologi sederhana untuk perbaikan lingkungan ini menjadi agenda penting bagi Walikota Bogor, Dr. Bima Arya dan jajarannya. Ya, dalam rangka hari lingkungan hidup sedunia dan hari jadi Bogor Ke-532, Pemerintah Kota Bogor menggelar Pencanangan sejuta LRB di lapangan Kresna Kelurahan Bantar Jati Kota Bogor.

Dalam sambutannya, Walikota Bogor Dr.Bima Arya mengutarakan pentingnya menjaga lingkungan hidup dengan cara memelihara lingkungannya masing-masing. Sekarang saat yang tepat untuk membuat LRB karena inovasi IPB ini telah terbukti mampu mengurangi sampah organik dan menyerapkan air ke dalam tanah. “Hari ini kita baru mengawali dengan membuat 20 LRB, kita menargetkan selesai satu juta LRB se-Kota Bogor pada bulan Desember. Penemu Biopori ada di Bogor dan kita akan memaksimalkan kepakaran beliau.” jelas Bima Arya. Bima menambahkan, Pemerintah Kota Bogor mulai sekarang tidak akan ada lagi sembarangan memberi ijin pendirian bangunan yang berpotensi merusak lingkungan karena lingkungan adalah milik anak bangsa anak cucu kita.

Pencanangan satu juta LRB yang diikuti ratusan orang ini dirangkai dalam acara Pencanangan Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk di Lapangan Kresna Bantar Jati, Kota Bogor, Kamis (5/5). Tampak hadir sang peneliti Biopori Ir.Kamir R. Brata, Kepala Kantor Hukum Promosi Humas IPB Ir.Yatri Indah Kusumastuti M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Wakil Walikota Bogor, Sekreatris Daerah dan para Camat dan Lurah, kader Biopori, dan Kader Juru Pemantau Jentik Nyamuk, juga masyarakat sekitar. (Wly).