P2SDM IPB Dampingi Pendirian 122 Posdaya di Jawa Barat

P2SDM IPB Dampingi Pendirian 122 Posdaya di Jawa Barat

Berita
Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Pertanian Bogor (P2SDM-LPPM-IPB) hingga tahun 2013 sudah berhasil mendampingi pendirian 122 Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) di berbagai wilayah Jawa Barat. Hal ini disampaikan Kepala P2SDM-LPPM-IPB, Dr.Pudji Muljono ketika memberikan sambutan dalam acara Training Motivasi dan Wawasan Pengisian Posdaya Kader Green Posdaya Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Minggu (12/5). “Sampai tahun 2013 ini IPB sudah mendampingi pembentukan posdaya sebanyak 122 di berbagai wilayah Jawa Barat yang tersebar di Bogor, Cianjur, Sukabumi, Pelabuhan Ratu dan sebagainya,” ungkap Dr.Puji.
 
Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Dr.Prastowo mengatakan sebuah program pengabdian akan berlanjut dan mandiri bila memenuhi lima anak tangga yakni awarness, komitmen, kelembagaan, managemen dan sarana prasarana (teknologi). “ Lima anak tangga  harus terpenuhi. Bila tidak program pengabdian seperti Posdaya lama-lama akan berhenti di tengah jalan,“ tandasnya.
 
Camat Klapanunggal, Bogor, Drs.Agus Suherman, M.Si meyambut baik kegiatan Green Posdaya tesebut. Agus mengucapkan terima kasih secara khusus kepada PT.Holcim Indonesia yang memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR)-nya kepada Kecamatan Klapanunggal dalam rangka pembentukan Posdaya. Agus juga mengungkapkan apresiasinya kepada IPB yang telah mendampingi program tersebut di Kecamatan Klapanunggal.  “Berbagai pelatihan kewirausahaan telah diselenggarakan PT.Holcim Indonesia dan IPB, namun kami berharap pendampingan secara terus-menerus sehingga terbentuk wirausahawan- wirausahawan baru. Berkaca dari pengalaman masa silam, banyak bantuan CSR berhenti di tengah jalan karena masyarakat belum terbiasa mempunyai jiwa kewirausahaan,“ imbuhnya.
 
Acara  yang diikuti sekitar 250 kader posdaya dan perangkat pemerintahan desa ini selanjutnya diisi training Posdaya Lahan Tempat Bersyukur dan Mendulang Pahala oleh Ir.Yannefri Bakhtiar, M.Si dkk, Motivasi Pengembangan Diri oleh  Ir.Agus Setiana, M.Si., Talkshow ‘Membangun Mitra Pengembangan Masyarakat Bersama Posdaya’ oleh perwakilan PT.Holcim Indonesia, BKP5K Kabupaten Bogor dan Observation Study Tour ke Posdaya Mitra IPB (Posdaya Mandiri Terpadu-Cikarawang, Posdaya Kenanga-Situgede, Posdaya Sejahtera-Bubulak, Posdaya Bina Sejahtera-Pasir Mulya).  (ris)