Pembukaan Dies Natalis IPB ke-49 Berlangsung Semarak

Pembukaan Dies Natalis IPB ke-49 Berlangsung Semarak

Berita

Pembukaan Dies Natalis IPB ke-49, Sabtu (1/9) di lapangan Rektorat Kampus IPB Dramaga Bogor berlangsung semarak. Pelepasan balon dan burung merpati menandai dibukanya peringatan Dies Natalis IPB yang mengambil tema “Inovasi IPB Untuk Ketahanan Pangan Nasional” ini.
 
Kegiatan yang diramaikan dengan persembahan Tari Hajat Bumi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IPB Lingkung Seni Sunda UKM Gentra Kaheman ini, sekaligus menjadi ajang penerimaan 3.847 orang mahasiswa baru. Penerimaan secara simbolis ditandai dengan pemakaian jaket almamater dan penyematan pin IPB kepada dua orang perwakilan mahasiswa baru, yaitu Kosmus Imbiri dari SMA 1 Waropen Papua, dan Irnawati dari SMA 1 Sigli Nanggroe Aceh Dasussalam.
 
Pada kesempatan ini juga, Rektor memberikan penghargaan kepada dosen, Ketua Program Studi, tenaga kependidikan dan mahasiswa berprestasi, baik di tingkat IPB, nasional maupun internasional.  Sementara itu Rektor dalam sambutannya menyampaikan, bahwa selama 49 tahun IPB terus bergerak dalam bidang inovasi. Dalam kurun waktu tersebut IPB telah menghasilkan 510 inovasi, 179 inovasi diantaranya telah mendapat penghargaan dari Kementerian Riset dan Teknologi RI. Bahkan selama lima tahun berturut-turut, inovasi IPB selalu mendominasi dalam penghargaan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).
 
“Yang menjadi tantangan IPB ke depan adalah mewujudkan inovasi yang ada agar dapat dimanfaatkan masyarakat luas. Memang baru 10 persen inovasi yang dihasilkan digunakan di masyarakat. Karena itu , kita terus mendorong agar semua inovasi yang dihasilkan dapat diaplikasikan di tengah masyarakat,” ujar Rektor.
 
Menurut Rektor, kendala yang dihadapi dalam mewujudkan seluruh inovasi IPB karena adanya perbedaan antara pengguna inovasi dan pembuat inovasi. Sehingga karya yang dihasilkan oleh IPB tidak seluruhnya diwujudkan.  Untuk mewujudkan itu, lanjut Rektor perlu adanya keberpihakan masyarakat khususnya generasi muda untuk menggunakan hasil-hasil karya dalam negeri.
 
“Jika kita bersama-sama melakukan keberpihakan akan hasil karya sendiri. Ini tentunya akan mendorong perbaikan bagi penggunaan inovasi anak bangsa,” kata Rektor.  Di tempat yang sama, Ketua Panitia Dies Natalis IPB ke-49 Dr Meika Syahbana Rusli mengatakan, kegiatan Dies akan berlangsung hingga tanggal 30 September 2012 mendatang. Ragam kegiatan yang turut memeriahkan peringatan Dies Natalis ke-49 ini diantaranya kampanye beras analog, orasi ilmiah dan sidang terbuka, Forum IPB Mendengar, Malam Apresiasi, Launching Buku karya para Guru Besar IPB, hingga kampanye buah lokal dan jalan pagi sehat. (nm)