15 Pejabat IPB dilantik

15 Pejabat IPB dilantik

Berita

Rektor IPB melantik 15 pejabat di lingkungan IPB pada (13/9) di Kampus IPB Dramaga, Bogor. Mereka yang dilantik adalah, Dr.Dra. Nastiti Kusumorini, Prof. Dr.Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc., Prof. Dr.Ir.Noer Azam Achsani, MS., Dr.Ir. Sukenda, M.Sc., Prof.Dr.Ir. Sambas Basuni, MS., Dr.Ir.Ruly Anwar, M.Si., Dr.Ir.Agus Hikmat, M.Sc.F.Trop., Drs. Badollahi Mustafa, M.Lib., Suherman, SE., Supriyanto, SE., Tjetjep Supardi, Diyanti S.Kom., Yani Mulyani A.Ma., Kosasih Idja Suhardja, Gigih Budiarto, S.IP.

“Saya yakin, Saudara-saudara yang terpilih dan dilantik pada hari ini akan mampu bekerja keras, tulus, jujur dan penuh pengabdian.,” ujar Rektor IPB Prof. Dr.Ir Herry Suhardiyanto, M.Sc., dalam sambutannya.

Rektor memberikan pesan kepada pejabat-pejabat yang dilantik. Wakil Dekan Sekolah Pascasarjana diminta untuk membantu Dekan Sekolah Pascasarjana untuk menjadikan Sekolah Pascasarjana IPB sebagai yang terdepan dalam penyelenggaraan pendidikan pascasarjana yang berkualitas di Indonesia. Rektor sangat berharap, Sekolah Pascasarjana dapat menjadi salah satu pilar utama untuk mewujudkan visi IPB menjadi perguruan tinggi riset kelas dunia. Hal ini didasarkan apabila kita ingin menjadikan IPB sebagai pusat unggulan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya, yang dapat diukur tingkat pencapaiannya berdasarkan tolok ukur, penghargaan dan pengakuan internasional terhadap hasil-hasil riset yang berkualitas baik dari publikasi ilmiah internasional dan paten teknologi.

Rektor sangat mengharapkan untuk dapat membantu Dekan SPs dalam mengupayakan agar seluruh program studi S2 dan S3 di IPB untuk memperoleh status akreditasi A dari BAN-PT, dan beberapa diantaranya dapat memperoleh akreditasi internasional. Tidak kalah penting, dan ini juga perlu menjadi perhatian serius, Rektor minta untuk membantu Dekan SPs untuk merealisasikan sistem administrasi akademik berbasis web untuk mengurangi beban interaksi loket. Hal ini penting untuk meningkatkan pelayanan prima bagi mahasiswa dan proses administrasi dapat berjalan lebih efektif dan efisien.
 
Asisten Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dan Asisten Direktur Bidang Umum, Keuangan dan Sumberdaya Manusia Program Manajemen dan Bisnis, diminta untuk membantu Direktur Program Manajemen dan Bisnis untuk mengembangkan Program Manajemen dan Bisnis IPB menjadi program studi pascasarjana yang terdepan dalam bidang manajemen dan bisnis bertaraf internasional sekaligus centre of excellence dalam pendidikan, penelitian, konsultasi dan pelatihan bidang manajemen dan bisnis. Rektor juga sangat berharap MB-IPB menjadi salah satu institusi yang mampu melahirkan generasi baru pemimpin bisnis yang inovatif, berjiwa entrepreneur dan berwawasan internasional. Untuk itu, sebagai Direktur Program MB-IPB, perlu terus mengembangkan berbagai program studi S2 dan S3 secara kreatif baik kelas reguler maupun internasional.

Rektor sangat bangga atas prestasi yang sudah dicapai Program MB-IPB yang menduduki peringkat pertama di Indonesia dalam pemeringkatan Sekolah Bisnis versi Webometric. Prestasi ini agar dapat dipertahankan seterusnya. Rektor  juga sangat berharap MB-IPB terus meningkatkan kinerja akademik, manajemen dan juga kontribusi terhadap penerimaan IPB. Rektor juga minta agar Saudara sekalian untuk terus meningkatkan keterlibatan para dosen dari fakultas-fakultas di lingkungan IPB dalam berbagai aktifitas akademik.

Ketua Departemen Budidaya Perairan, Ketua Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Sekretaris Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata dan Sekretaris Departemen Proteksi Tanaman, diminta untuk mengembangkan departemen sebagai ujung tombak dalam penyelenggaraan akademik strata S1, S2, dan S3.  Tugas ketua dan sekretaris departemen antara lain adalah 1) menyusun rencana dan program kerja departemen, 2) memberikan tugas dan mengevaluasi dosen di departemen dalam melaksanakan tugas-tugas tri dharma perguruan tinggi, 3) meningkatkan mutu pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, dan 4) menyusun rencana biaya operasional tahunan berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Rektor juga sangat berharap agar departemen mampu menjadi salah satu ujung tombak dalam upaya peningkatan publikasi internasional baik dari segi jumlah maupun mutu. Rektor sangat berharap para pimpinan departemen mampu mendorong para dosen IPB untuk terus meningkatkan publikasi ilmiah pada jurnal nasional dan internasional. Rektor juga meminta untuk dapat menghasilkan inovasi-inovasi melalui berbagai kegiatan riset dan pengembangan Teknologi pada departemen masing-masing, dan juga mendukung program komersialisasi 179 inovasi IPB dari 510 inovasi yang tercatat dalam 500 plus karya inovasi paling prospektif di Indonesia.

Kepala Bidang Pengelolaan dan Pengembangan Arsip Perpustakaan, diminta untuk membantu Kepala Perpustakaan IPB untuk menciptakan dan mengelola sistem kearsipan institut yang terpadu, andal dan modern sesuai dengan prinsip, kaidah, dan standar kearsipan sebagaimana ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Keandalan sistem kearsipan institut juga sangat penting untuk menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya, menjamin pelindungan kepentingan institut dan negara, mendukung terwujudnya penyelenggaraan/tata pamong perguruan tinggi yang baik dan bersih (good university governance), serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Kepala Sub Direktorat Administrasi dan Pengembangan Sumberdaya Manusia, Kepala Seksi Pengembangan Karir, dan Kepala Seksi Rekrutmen dan Monitoring Kinerja, Direktorat Sumberdaya Manusia, diminta untuk membantu Direktur Sumberdaya Manusia dalam mengkoordinasikan tugas-tugas teknis/administratif dan memastikan seluruh fungsi-fungsi Administrasi dan Pengembangan SDM dapat berjalan dengan baik yang mencakup: penyusunan rencana kebutuhan SDM; pelaksanaan rekruitmen SDM dan kontrak kerja; pelaksanaan pembinaan dan pengembangan karier SDM (ujian Dinas, ujian Penyesuaian Ijazah, rotasi, promosi, sanksi disiplin); pelaksanaan penilaian kinerja;  pengkoordinasian dan pengelolaan pendidikan dan pelatihan; pelayanan administrasi kepegawaian (kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, kenaikan jabatan fungsional, tunjangan kemahalan/KP4); pelaksanaan dekruitmen; pengkoordinasian dengan unit kerja terkait dalam penyelesaian masalah SDM; pengembangan hubungan kerja di lingkungan institut; internalisasi budaya kerja organisasi.

Selain tugas-tugas rutin yang sangat penting tersebut, Rektor minta agar data base SDM institut yang sudah ada dapat dikembangkan  menjadi data base yang handal melalui kerjasama yang intensif dengan Direktorat Komunikasi dan Sistem Informasi.

Kepala Sub Direktorat Pengelolaan Properti Direktorat Fasilitas dan Properti, diminta untuk membantu Direktur Fasilitas dan Properti dalam melaksanakan tugas teknis dan administratif dalam pengkoordinasian  dan pemantauan kegiatan pengelolaan properti berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas institut.

“Saya ingin anda dapat memastikan berjalannya fungsi pemantauan pelaksanaan kegiatan pengadaan, pendayagunaan, perawatan, perbaikan dan penghapusan properti di lingkungan IPB sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Secara khusus, saya minta agar gudang-gudang yang kita miliki dapat dirawat dengan sebaik-baiknya sehingga tidak hanya secara fungsional dapat digunakan tetapi juga indah,” ujar rektor.

Kepala Seksi Fasilitas Akademik, diminta untuk membantu Kepala Sub DIrektorat Pengelolaan Fasilitas, Direktorat Fasilitas dan Properti, dalam melaksanakan tugas teknis/administrasi dan pengkoordinasian kegiatan pemeriksaan dan pencatatan kondisi fisik fasilitas akademik milik institut; dan pelayanan teknis pemeliharaan dan perbaikan fisik fasilitas akademik. Rektor sangat berharap seluruh fasilitas akademik IPB dapat berfungsi dengan baik dan memadai untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Saya minta perhatian dengan sangat agar fasilitas akademik dapat betul-betul dipersiapkan dengan baik sebelum digunakan untuk kuliah, praktikum, penelitian, seminar dan kegiatan akademik lainnya.

Kepala Tata Usaha Departemen Gizi, Fakultas Ekologi Manusia, diminta untuk dapat melaksanakan tugas penataan dan pelaksanaan urusan administrasi penjaminan mutu akademik dan urusan administrasi lainnya untuk mendukung dan memperlancar pelaksanaan tugas Ketua Departemen; pemantauan dan evaluasi terhadap tata usaha yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan administrasi, penanganan ketertiban dan keamanan, serta pembinaan tenaga kependidikan di lingkungan Departemen.

Kepala Seksi Umum Fakultas Kedokteran Hewan, diminta untuk membantu pimpinan dan Kepala Tata Usaha Fakultas Kedokteran Hewan dalam pelaksanaan urusan administrasi umum; penanganan ketertiban dan keamanan, dan hal-hal penting lainnya untuk mendukung dan memperlancar pelaksanaan kegiatan akademik dan manajemen fakultas. (man)