250 Siswa SMAN 1 Jember Berkunjung ke IPB

250 Siswa SMAN 1 Jember Berkunjung ke IPB

Berita


Sebanyak 250 siswa SMA Negeri 1 Jember Jawa Timur didampingi 8 orang guru pembimbing berkunjung ke IPB. Mereka disambut oleh Sekretaris Eksekutif IPB, Dr. Bonny P.W. Soekarno, di Auditorium Andi Hakim Nasoetion (7/1) Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Dalam sambutannya, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Drs. Ari Purwanto, mengatakan kunjungan ini dalam rangka memotivasi siswa siswi yang masih duduk di kelas 10, 11 & 12 itu untuk memasuki gerbang kuliah.

"Supaya anak-anak kami termotivasi untuk masuk perguruan tinggi, yang salah satunya adalah Institut Pertanian Bogor, "tandas Ari dalam sambutannya.

Menurutnya, dengan kegiatan kunjungan ke perguruan tinggi ini diharapkan nantinya dapat memacu para siswa ini untuk belajar pada jenjang yang lebih tinggi lagi.

Sementara, Sekretaris Eksekutif IPB, Dr. Bonny, memaparkan, tentang pandangan pertanian dalam arti yang luas, dan tidak sesempit yang kita bayangkan selama ini.

"Pertanian itu harus dipandang secara luas, yaitu bagaimana kita mengelola dan memanfaatkan pertanian mulai dari hulu hingga hilir, pertanian di IPB tidak hanya mencangkul saja," ujarnya.

Di dalam pemaparannya Ia juga menjelaskan tentang IPB yang berperan penting terhadap bangsa dan Negara dengan ikut mendukung ketahanan dan ketersediaan pangan.

"IPB merupakan salah satu perguruan tinggi pertanian terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara, kita harus bangga terhadap hal ini," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut para siswa disuguhi tayangn filem IPB yang dilanjutkan dengan presentasi selayang pandang IPB yang disampaikan oleh Siti Nuryati, S.TP. M.Si., (Redaktur Pariwara IPB). Keunggulankeunggulan studi di IPB, jalur-jalur masuk IPB dan gambaran berbagai fakultas yang ada di IPB dipaparkan pada kesempatan tersebut.

Untuk memberikan gambaran kuliah di IPB, mahasiswa IPB asal Jember pun didaulat untuk memberikan testimony.

Usai presnetasi dan diskusi, para siswa diajak berkeliling Kampus IPB Dramaga (djoko/man)