Pelantikan 66 Pejabat di Lingkungan IPB
Rektor IPB, Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc., melantik 66 orang pejabat di lingkungan IPB, Kamis (11/12) di GWW Kampus IPB Darmaga, Bogor.
Rektor IPB dalam sambutannya, menandaskan "Jabatan yang saudara emban ini adalah suatu amanah yang saya minta dijalani dengan rasa tanggung jawab yang tinggi. Saya mengharapkan agar saudara dapat bekerja keras, penuh pengabdian, dedikasi yang tinggi dan dapat bekerjasama dengan seluruh mitra dan kolega di IPB," ujar Rektor.
Rektor IPB mengatakan, pejabat-pejabat IPB yang dilantik hari ini, dipilih dan ditetapkan dengan mengacu kepada ketentuan-ketentuan PP No. 154 tahun 2000, Anggaran Rumah Tangga IPB, Ketetapan Majelis Wali Amanat IPB dan hasil wawancara bersama pimpinan IPB. Sesuai dengan ketentuan dan penilaian tersebut, pejabat-pejabat IPB yang dipilih dan ditetapkan adalah memenuhi persyaratan untuk setiap jabatan, baik terukur serta yang sulit diukur, antara lain: kompetensi, dedikasi, loyalitas, dapat bekerjasama secara sinergis dengan pimpinan IPB serta pengalaman dan track record selama ini.
"Kepada Ketua Departmen dan Sekretaris Departemen yang dilantik pada hari ini, saya minta saudara terus mengembangkan departemen sebagai ujung tombak dalam penyelenggaraan akademik S1, S2 dan S3," ujarnya.
Dijelaskannya, tugas ketua departemen antara lain adalah 1) menyusun rencana dan program kerja Departemen, 2) memberikan tugas dan mengevaluasi dosen di departemen dalam melaksanakan tugas-tugas tri dharma perguruan tinggi, 3) meningkatkan mutu pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, dan 4) menyusun rencana biaya operasional tahunan berdasarkan ketentuan yang berlaku.
"Saya minta setiap Ketua Departemen dan Sekretaris Departemen dapat memajukan departemennya sesuai dengan mandat yang telah diberikan," ujar Rektor.
Sementara itu, kepada yang dilantik sebagai Kepala Pusat, Rektor meminta untuk mempertahankan IPB sebagai garda terdepan dalam pengkajian dan penelitian baik pada bidang lingkungan, perubahan iklim, ekonomi dan keuangan.
"Kita tahu bersama bangsa kita sedang menghadapi permasalahan serius pada bidang-bidang tersebut, dan kita perlu berkontribusi nyata. Saudara tentu masih ingat, pada saat Orasi Ilmiah Sidang Terbuka Dies Natalis ke-45, Presiden RI Dr. Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan harapannya agar IPB menjadi world class university dan institusi riset bertaraf internasional. Bapak Presiden juga menyampaikan pemikirannya sebagai a set of principle, of imperatives, of values, of vision, of policies, of strategis pembangunan ekonomi bangsa yang menjadi tugas bagi IPB untuk dipikirkan dan ditindaklanjuti yaitu: 1) pembangunan ekonomi Indonesia ke depan harus memadukan pendekatan resource, knowledge, dan culture, 2) Pembangunan ekonomi Indonesia harus berkelanjutan, 3) Pertumbuhan yang disertai pemerataan, growth with equity, bukan pertumbuhan dengan trickle down effect, 4) Penguatan ekonomi dalam negeri, pasar dalam negeri, pasar domestik, 5) Perekonomian nasional berdimensi kewilayahan dimana kebupaten, kota provinsi harus menjadi sumber dan kekuatan ekonomi lokal (back to nature, go local), 6) Penguatan sumber-sumber investasi dan pendanaan dari dalam negeeri, 7) Kemandirian dan ketahanan pada bidang-bidang tertentu yanti pangan, energi dan pertahanan, 8) Penguatan keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif secara berimbang, dan 9) Keseimbangan antara ekonomi pasar dan peran pemerintah karena mekanisme pasar diperlukan untuk efisiensi dan peran pemerintah yang tepat diperlukan untuk keadilan," ujarnya.
Sedangkan, kepada yang dilantik sebagai Kabubdit Perencanaan dan Pengembangan Program, Rektor IPB meminta agar dapat membantu Direktur Perencanaan dan Pengembangan dalam mengembangkan memperkuat sistem perencanaan dan pengembangan yang pro aktif dan antisipatif terhadap dinamika perubahan lingkungan baik internal maupun eksternal.
"Selain itu, sebagai prioritas ke depan, saudara juga saya harap dapat membantu merumuskan sistem manajemen kinerja menggunakan pendekatan balanced score card berbasis teknologi informasi untuk memastikan seluruh unit bekerja mencapai visi, melaksanakan misi dan program kerja," ujarnya.
Kepada yang dilantik sebagai Kasubdit Pengelolaan Fasilitas, Rektor meminta agar dapat membantu Direktur Fasilitas dan Properti untuk melaksanakan tugas administrasi dalam pengkoordinasian dan pemantauan fasilitas kantor dan akademik berdasarkan ketentuan yang berlaku.
"Selain itu saudara saya minta menangani berbagai kegiatan peningkatan mutu dan penyediaan fasilitas akademik yang antara lain meliputi ruang kuliah, laboratorium, peralatan dan perabot kegiatan akademik. Saya juga minta saudara dapat membantu meningkatkan mutu dan ketersediaan fasilitas umum kampus untuk mewujudkan linkungan kampus yang inspiring, bersih, indah, dan nyaman. Pengelolaan barang inventaris yang sudah berjalan selama ini agar dapat lebih ditingkatkan lagi," ujarnya.
Kepada yang dilantik sebagai Kepala Sekretariat Kantor Audit internal, Rektor IPB juga meminta agar dapat membantu Kepala Kantor Audit Internal dalam melaksanakan kegiatan audit internal terhadap seluruh unit kerja di lingkungan IPB. Fungsi audit internal sangat strategsi untuk memastikan bahwa setiap unit kerja di lingkungan IPB melaksanakan tugas tanpa melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
"Kepada saudara yang dilantik sebagai Kepala Tata Usaha dan Kepala Seksi di seluruh lingkungan IPB, saya minta saudara dapat melaksanakan tugas penataan dan pelaksanaan urusan administrasi penjaminan mutu akademik dan urusan administrasi lainnya untuk mendukung dan memperlancar pelaksanaan tugas unit masing-masing; pemantauan dan evaluasi terhadap tata usaha yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan administrasi, penanganan ketertiban dan keamanan, pembinaan tenaga kependidikan di lingkungan masing-masing" ujarnya. (man)
DAFTAR NAMA PEJABAT YANG DILANTIK
PADA TANGGAL 11 DESEMBER 2008
DI LINGKUNGAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR
No. |
Nama |
Ditugaskan Dalam Jabatan |
1. |
Prof. Dr. Ir. Setyo Budi Susilo, M.Sc. |
Ketua Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan FPIK |
2. |
Prof. Dr.Ir. Nastiti Siswi Indrasti |
Ketua Departemen Teknologi Industri Pertanian FATETA |
3. |
Dr. Ir. Desrial, M.Eng |
Ketua Departemen Teknik Pertanian FATETA |
4. |
Prof.Dr. Ir. Asep Sapei, M.S. |
Ketua Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan FATETA |
5. |
Dr. Ir. Dahrul Syah, M.Sc. Agr |
Ketua Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan FATETA |
6. |
Dr. Ir. Iskandar |
Kepala Pusat Studi Reklamasi Tambang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
7. |
Dr. Ir. Rizaldi Boer, M.S. |
Kepala Pusat Pengelolaan Peluang dan Resiko Iklim Kawasan Asia Tenggara dan Pasifik Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarkat |
8. |
Dr.Ir. Imam Sugema, M.Ec |
Kepala Pusat Kajian Internasional Ekonomi dan Keuangan Terapan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
9. |
Ir. Heri Purwanto |
Kepala Sub Direktorat Perencanaan dan Pengembangan Program, Direktorat Perencanaan dan Pengembangan |
10. |
Setyo Pratomo, SE., MM. |
Sekretaris Kantor Audit Internal |
11. |
Toto Mustopo, S.IP. |
Kepala Sub Direktorat Pengelolaan Fasilitas, Direktorat Fasilitas dan Properti |
12. |
Dr. Suhaemi |
Kepala Bidang Audit Sumberdaya, Kantor Audit Internal |
13. |
Marjono, SE. |
Kepala Tata Usaha Fakultas Pertanian |
14. |
Rena Manohara, S.IP. |
Kepala Tata Usaha Departmen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan FAPERTA |
15. |
Adang Undiana |
Kepala Tata Usaha Departemen Agronomi dan Hortikultura FAPERTA |
16. |
Euis Nurhayani, SE. |
Kepala Tata Usaha Departemen Proteksi Tanaman FAPERTA |
17. |
Laela Relawati, SE. |
Kepala Tata Usaha Departemen Arsitektur Lanskap FAPERTA |
18. |
Dra. Sri Nooryani |
Kepala Tata Usaha FKH |
19. |
Drs. Sobirin Roi |
Kepala Seksi Administrasi Akademik, Kemahasiswaan & Hubungan Alumni FKH |
20. |
Untung Mulyanto, SE. |
Kepala Seksi Administrasi Kepegawaian & Keuangan FKH |
21. |
Drs. Agus Salim |
Kepala Seksi Umum FKH |
22. |
Herlina Retnowati |
Kepala Tata Usaha FPIK |
23. |
Ir. Anita Handayani |
Kepala Tata Usaha Departemen Budidaya Perairan FPIK |
24. |
Sulistiawati Rahayu |
Kepala Tata Usaha Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan FPIK |
25. |
Etang Rokayah, SE. |
Kepala Tata Usaha Departemen Teknologi Hasil Perairan FPIK |
26. |
Taufik Masdi, S.IP. |
Kepala Tata Usaha Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan FPIK |
27. |
Rasyid |
Kepala Tata Usaha Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan FPIK |
28. |
Fifi Lutfiah, S.Sos. |
Kepala Tata Usaha FAPET |
29. |
Supriyono, SP. |
Kepala Tata Usaha Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan FAPET |
30. |
Warsono, S.IP. |
Kepala Tata Usaha Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan FAPET |
31. |
Susi Heryati, SE. |
Kepala Tata Usaha Fahutan |
32. |
Muchtadin |
Kepala Tata Usaha Departemen Manajemen Hutan FAHUTAN |
33. |
Kokom Komariah, SE. |
Kepala Tata Usaha Departemen Silvikultur FAHUTAN |
34. |
Ir. Sutoro |
Kepala Tata Usaha Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata FAHUTAN |
35. |
Yadi Suryadi, SE. |
Kepala Tata Usaha FATETA |
36. |
Adang, SE. |
Kepala Tata Usaha Departemen Teknik Pertanian FATETA |
37. |
Dra. Novi Susilorini Andayaningsih |
Kepala Tata Usaha Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan FATETA |
38. |
Ikhsan |
Kepala Tata Usaha Depertemen Teknologi Industri Pertanian FATETA |
39. |
Atip Sadarip, SE. |
Kepala Tata Usaha Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan FATETA |
40. |
Asep Saefudin, SE. |
Kepala Tata Usaha FMIPA |
41. |
Tri Susilowati, SE. |
Kepala Tata Usaha Departemen Statistika FMIPA |
42. |
Drs. Badrudin |
Kepala Tata Usaha Departemen Geofisika dan Meteorologi FMIPA |
43. |
Muhammad Nasir |
Kepala Tata Usaha Departemen Biologi FMIPA |
44. |
Fitri Lidiastuty, SE. |
Kepala Tata Usaha Departemen Kimia FMIPA |
45. |
Acep, SE. |
Kepala Tata Usaha Departemen Matematika FMIPA |
46. |
Muhamad Djaja Suhendra |
Kepala Tata Usaha Departemen Ilmu Komputer FMIPA |
47. |
Suharno |
Kepala Tata Usaha Departemen Fisika FMIPA |
48. |
Tjahjadi |
Kepala Tata Usaha Departemen Biokimia FMIPA |
49. |
Bambang Kuntadi, SP. |
Kepala Tata Usaha FEM |
50. |
Astridina, S.Sos. |
Kepala Tata Usaha Departemen Ilmu Ekonomi FEM |
51. |
Jamhuri, SE. |
Kepala Tata Usaha Departemen ManajemenFEM |
52. |
Mery Rusmini, SE. |
Kepala Tata Usaha Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan FEM |
53. |
Avip Setiawan, S.IP. |
Kepala Tata Usaha Departemen Agribisnis FEM |
54. |
Cecep, SE. |
Kepala Tata Usaha FEMA |
55. |
Kosasih Idja Suhardja |
Kepala Tata Usaha Departemen Gizi Masyarakat FEMA |
56. |
Drs. Nurul Huda |
Kepala Tata Usaha Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat FEMA |
57. |
Romli, S.IP. |
Kepala Tata Usaha Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen FEMA |
58. |
Drs. Dedi Suryadi |
Kepala Tata Usaha LPPM |
59. |
Ir. Ratu Siti Zaenab, M.Si. |
Kepala Tata Usaha Sekolah Pascasarjana |
60. |
Ade Iskandar, SE., M.Si. |
Kepala Tata Usaha Program Diploma |
61. |
Eka Yudha Prya, SE. |
Kepala Seksi Umum Program Pendidikan TPB |
62. |
Drs. Edi Rosidi |
Kepala Tata Usaha Program Mata Kuliah Dasar Umum |
63. |
Akhmad Kosasih |
Kepala Seksi Fasilitas Kantor Direktorat Fasilitas dan Properti |
64. |
Drs. Cecep Rustandi, MM. |
Kepala Seksi Produksi University Farm |
65. |
Suhartini, S.Sos. |
Kepala Seksi Pelayanan Akademik University Farm |
66. |
Dr. Ir. Abdjad Asih |
Sekretaris Departemen Proteksi Tanaman FAPERTA |
sumber: Direktorat SDM IPB