Rektor Melantik 65 Pejabat IPB
Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr.Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc., melantik 65 orang pejabat di lingkungan IPB, Rabu (9/4) di Gedung Rektorat Andi Hakim Nasution Kampus IPB Darmaga Bogor.
Pejabat-pejabat IPB yang dilantik, dipilih dan ditetapkan dengan mengacu kepada ketentuan-ketentuan PP No. 154 tahun 2000, Anggaran Rumah Tangga IPB, Ketetapan Majelis Wali Amanat IPB dan penilaian dari Tim Assesment IPB. "Sesuai dengan ketentuan dan penilaian tersebut, saya memilih dan menetapkan pejabat-pejabat IPB yang memenuhi persyaratan untuk setiap jabatan. Baik yang bersifat umum dan terukur serta yang sulit diukur, antara lain kompetensi, dedikasi, loyalitas, dapat bekerjasama secara sinergis dengan pimpinan IPB serta pengalaman dan track record selama ini. Masukan-masukan berharga dari berbagai pihak juga menjadi pertimbangan penting bagi saya dalam pemilihan dan penetapan pejabat-pejabat IPB," jelas Rektor dalam pidato tertulisnya.
"Kepada pimpinan fakultas dan departemen saya sampaikan ucapkan terima kasih atas pemahamannya dalam proses penetapan pejabat ini karena mereka yang dilantik pada hari ini mungkin saja merupakan andalan Saudara-saudara selama ini. Saudara-saudara tidak perlu merasa kehilangan karena dalam tugas jabatannya sekarang mereka saya minta melayani Saudara-saudara dengan sebaik-baiknya. Pejabat yang berasal dari sebuah fakultas dan departemen tertentu akan melayani fakultas dan departemen lain di lingkungan IPB. Kami juga harus berfikir dan berusaha keras untuk meningkatkan kompetensi SDM pada fakultas dan departemen Saudara-saudara. Ini adalah wujud dari perspektif total system di lingkungan IPB," tambahnya.
Dalam kesempatan tersebut, Rektor mengajak yang dilantik pada hari itu untuk mengembangkan kepemimpinan yang melayani (servant leadership). Dikatakan, bagi perguruan tinggi seperti IPB yang sedang melewati tahapan transformasi, pola kepemimpinan seperti inilah yang sangat diperlukan.
"Mosaik-mosaik yang ada perlu kita selaraskan agar menjadi kekuatan dalam membangun IPB menuju Universitas Kelas Dunia. Selanjutnya, saya juga ingin mengajak kita semua untuk mendengarkan suara hati, membangun komunitas yang menghargai perbedaan, memberi keteladanan, membangun integritas, mengambil inisiatif, dan berorientasi ke masa depan," ujarnya.
Sebelumnya, Rektor menuturkan, adanya tantangan yang dihadapi IPB memerlukan pemikiran-pemikiran yang cerdas dan solutif untuk menjawabnya. Untuk itu, program-program strategis yang perlu dilaksanakan meliputi : Pertama, memperkuat sistem pendidikan dan pembinaan kemahasiswaan dengan fokus menghasilkan lulusan yang kompeten, cerdas dan kompetitif. Kedua, meningkatkan jumlah dan mutu penelitian terintegrasi sehingga menghasilkan temuan ilmu pengetahuan, paket teknologi yang bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat.
Ketiga, meningkatkan kesejahteraan dosen dan pegawai, serta bantuan bagi pendidikan mahasiswa. Keempat, meningkatkan kapasitas sumberdaya untuk membangun ketangguhan institut. Kelima, memperkuat sistem manajemen untuk menyempurnakan sistem manajemen institut dalam rangka mencapai kesehatan organisasi.
"Saya yakin dengan tahapan proses penetapan yang telah ditempuh, Saudara-saudara yang terpilih dan dilantik hari ini akam mampu bekerja keras, tulus, jujur dan penuh pengabdian. Kita semua harus melakukan hal itu demi IPB yang kita cintai," kata rektor.(nm)
Berikut adalah nama-nama yang dilantik:
No. |
N a m a |
Ditugaskan Dalam Jabatan |
1 |
Dr.Ir. Dedi Jusadi, M.Sc |
Wakil Dekan Sekolah Pascasarjana |
2 |
Prof.Dr.Ir. Sambas Basuni, M.S. |
Ketua Departermen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan |
3 |
Wita Juwita Ermawati, S.TP, M.M. |
Sekretaris Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen |
4 |
Dr.drh. Retno Wulansari, M.Si |
Wakil Direktur Bidang Medis Rumah Sakit Hewan Pendidikan |
5 |
Dr.Ir. Muladno, MSA |
Sekretaris Bidang Pengembangan dan Kerjasama Sekolah Pascasarjana |
6 |
Ir. Henny Windarti, M.Si |
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Sekretariat Eksekutif |
7 |
Kuwat Santoso, S.Sos., M.M. |
Kepala Bidang Protokoler Sekretariat Eksekutif |
8 |
Dr.Ir. Ahmad Darobin Lubis, M.Sc |
Kepala Bidang Audit Akademik Kantor Audit Internal |
9 |
Setyo Pratomo, S.E., M.M. |
Kepala Bidang Audit Sumberdaya Kantor Audit Internal |
10 |
Lukman Nulhakim, S.H., M.Si |
Kepala Bidang Produk Hukum dan Organisasi Kantor Hukum dan Organisasi |
11 |
Widawati Saleh, S.H., M.M. |
Kepala Bidang Penelaahan dan Bantuan Hukum Kantor Hukum dan Organisasi |
12 |
Dr.drh. Srihadi Agungpriyono, M.Sc |
Kepala Bidang Penjaminan Mutu Kantor Manajemen Mutu |
13 |
Dr.Ir. Fredinan Yulianda, M.Sc |
Kepala Bidang Akreditasi dan Sertifikasi Kantor Manajemen Mutu |
14 |
Ir. Retnaningsih, M.Si |
Kepala Sub Direktorat Perencanaan Pendidikan Direktorat Administrasi Pendidikan |
15 |
Ropik, S.Pd |
Kepala Sub Direktorat Registrasi dan Statistik Pendidikan Direktorat Administrasi Pendidikan |
16 |
Bachrul Hayat, S.Sos |
Kepala Sub Direktorat Evaluasi Pendidikan Direktorat Administrasi Pendidikan |
17 |
Dr.Ir. Yulin Lestari |
Kepala Sub Direktorat Pengembangan dan Promosi Program Akademik Direktorat Pengkajian dan Pengembangan Akademik |
18 |
Keri Watisih, S.H. |
Kepala Sub Direktorat Kesejahteraan Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan |
19 |
Bambang Riyanto, S.Pi, M.Si |
Kepala Sub Direktorat Minat, Bakat dan Penalaran Direktorat Kemahasiswaan |
20 |
Iin Solihin, S.Pi, M.Si |
Kepala Sub Direktorat Pengembangan Karir Mahasiswa Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni |
21 |
Dr. Edi Santosa, S.P., M.Si |
Kepala Sub Direktorat Hubungan Alumni Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni |
22 |
Drs. Cahyono Tri Wibowo, MM |
Kepala Sub Direktorat Akuntansi dan Pengendalian Anggaran Direktorat Keuangan |
23 |
Abdullah, SE |
Kepala Sub Direktorat Perbendaharaan Direktorat Keuangan |
24 |
Sutrisno, S.T. |
Kepala Sub Direktorat Inventarisasi Fasilitas dan Properti Direktorat Fasilitas dan Properti |
25 |
Drs. Endang Kusmana |
Kepala Sub Direktorat Pengelolaan Properti Direktorat Fasilitas dan Properti |
26 |
Ir. Heri Purwanto |
Kepala Sub Direktorat Pengelolaan Fasilitas Direktorat Fasilitas dan Properti |
27 |
Ir. Anggraini Sukmawati, MM |
Kepala Sub Direktorat Administrasi dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Direktorat Sumberdaya Manusia |
28 |
Madsari, S.E. |
Kepala Sub Direktorat Kesejahteraan Sumberdaya Manusia Direktorat Sumberdaya Manusia |
29 |
Drs. Pria Prihadi Djajamihardja |
Kepala Sub Direktorat Perencanaan dan Pengembangan Program Direktorat Perencanaan dan Pengembangan |
30 |
Ir. Suparman, M.M. |
Kepala Sub Direktorat Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Direktorat Perencanaan dan Pengembangan |
31 |
Dr.Ir. Iskandar Zulkarnaen Siregar, M.For.Sc |
Kepala Sub Direktorat Agenda Riset dan Kajian Direktorat Riset dan Kajian Strategis |
32 |
Dr.drh. Deni Noviana |
Kepala Sub Direktorat Hak Kekayaan Intelektual dan Publikasi Direktorat Riset dan Kajian Strategis |
33 |
Dr.Ir. Alinda Fitriany Malik Zain, M.Si |
Kepala Sub Direktorat Kerjasama Direktorat Kerjasama dan Program Internasional |
34 |
drh. Muhammad Agil, M.Sc.Agr |
Kepala Sub Direktorat Program Internasional |
35 |
Ir. Lusi Fausia, M.Ec |
Kepala Sub Direktorat Analisis Bisnis Direktorat Bisnis dan Kemitraan |
36 |
Dr.Ir. Heri Ahmad Sukria, M.Sc.Agr |
Kepala Sub Direktorat Pengendalian Bisnis Direktorat Bisnis dan Kemitraan |
37 |
Heru Sukoco, S.Si, M.T. |
Kepala Sub Direktorat Sistem Jaringan dan Strategi Komunikasi Direktorat Komunikasi dan Sistem Informasi |
38 |
Asep Mulyana, S.Kom |
Kepala Sub Direktorat Aplikasi dan Layanan Sistem Informasi Direktorat Komunikasi dan Sistem Informasi |
39 |
Ir. Sumarlinah, M.Si |
Sekretaris Perpustakaan |
40 |
Ratnaningsih, S.Sos |
Kepala Bidang Pembinaan Bahan Perpustakaan |
41 |
Ir. Abdul Rahman Saleh, M.Sc |
Kepala Bidang Teknologi Informasi, Pembinaan Mutu dan Kerjasama Perpustakaan |
42 |
Ir. Janti Gristinawati Sujana, M.A. |
Kepala Bidang Layanan Perpustakaan |
43 |
Dra. Nunung Nuzulul Qurniati, MM |
Kepala Bidang Pengelolaan dan Pengembangan Arsip IPB |
44 |
Dedeh Rostina, S.H. |
Kepala Seksi Administrasi Umum Direktorat Administrasi Pendidikan |
45 |
Neni Sumarni, S.H. |
Kepala Seksi Administrasi Umum Direktorat Kemahasiswaan |
46 |
Wahari Sulistyo Anggoro, S.E. |
Kepala Seksi Verifikasi Permintaan Anggaran Direktorat Keuangan |
47 |
Wiweko Iskanugrahan, S.E |
Kepala Seksi Akuntansi dan Pelaporan Direktorat Keuangan |
48 |
Mela Nurdialy, S.E., M.Ak |
Kepala Seksi Pendapatan Direktorat Keuangan |
49 |
Mohamad Sofyan Sauri, S.E. |
Kepala Seksi Pembiayaan Direktorat Keuangan |
50 |
Suharto, BBA |
Kepala Seksi Gedung dan Instalasi Direktorat Fasilitas dan Properti |
51 |
Sulistiyono, S.E., M.Si |
Kepala Seksi Jalan, Taman, dan Lahan Direktorat Fasilitas dan Properti |
52 |
Supriyanto, S.E. |
Kepala Seksi Fasilitas Akademik Direktorat Fasilitas dan Properti |
53 |
Toto Mustopa, S.IP |
Kepala Seksi Fasilitas Kantor Direktorat Fasilitas dan Properti |
54 |
Suherman, S.E. |
Kepala Seksi Administrasi Kepangkatan Direktorat Sumberdaya Manusia |
55 |
Ir. Hirra Nurlaeni |
Kepala Seksi Pengembangan Sumberdaya Manusia Direktorat Sumberdaya Manusia |
56 |
Dyah Untarawati, S.E. |
Kepala Seksi Remunerasi Direktorat Sumberdaya Manusia |
57 |
Dra. Woro Endang Purwani |
Kepala Seksi Maslahat Tambahan Direktorat Sumberdaya Manusia |
58 |
Deden Himawan, S.Sos |
Kepala Seksi Pengadaan Bahan Perpustakaan |
59 |
Ir. Khayatun |
Kepala Seksi Pengolahan Bahan Perpustakaan |
60 |
Ir. Setyo Edy Susanto, S.Th.I |
Kepala Seksi Pengelolaan Sistem dan Jaringan |
61 |
Sri Rahayu, S.Sos |
Kepala Seksi Produksi bahan Perpustakaan Elektronik dan Pembinaan Mutu |
62 |
Ir. Subagyo, S.Sos, M.Si |
Kepala Seksi Layanan Sirkulasi dan Pembinaan Perpustakaan |
63 |
Irma Elvina, S.Sos |
Kepala Seksi Layanan Referensi dan Informasi Digital |
64 |
Ir. Rita Komalasari |
Kepala Seksi Pengelolaan Arsip |
65 |
Drs. Badollahi Mustafa, M.Lib |
Kepala Seksi Pengembangan Arsip |
Sumber: Direktorat SDM IPB