POSS-IPB Selenggarakan Pelatihan E-Learning Berbasis OSS Bagi Sekolah

POSS-IPB Selenggarakan Pelatihan E-Learning Berbasis OSS Bagi Sekolah

Berita

Dalam rangka pendayagunaan open source software (OSS) di wilayah Bogor dan sekitarnya, Sekretariat Pendayagunaan Open Source Software (POSS) IPB menyelenggarakan pelatihan E-Learning Berbasis OSS bagi guru-guru SMU/SMK di wilayah Bogor. Pelatihan yang diikuti oleh 30 sekolah swasta dan negeri tersebut, diselenggarakan di Gedung Ilmu Komputer, IPB Kampus Baranangsiang selama dua hari, yaitu 31 Maret dan 1 April 2008.

 

possipb01_400

 

 

Menurut Ketua POSS-IPB, Julio Adisantoso, pelatihan E-Learning ini diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan pemasyarakatan OSS di lingkungan sekolah di wilayah Bogor dan sekitarnya, yang sebelumnya diawali dengan workshop dan seminar. Julio menambahkan bahwa dari pelatihan ini diharapkan sekolah di wilayah Bogor dapat membangun situs E-Learning dengan mudah dan murah, sehingga dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

Peserta pelatihan adalah guru-guru yang memiliki keterampilan pengoperasian dasar komputer, yang dikirim untuk mewakili sekolah. Sedangkan materi pelatihan yang diberikan meliputi instalasi komputer server menggunakan program Ubuntu dan XAMPP, instalasi program E-Learning (Claroline), dan mengelola E-Learning untuk administrator, guru, dan siswa.

Acara dibuka oleh Dr.Ir. Sugi Guritman, Ketua Program Magister Ilmu Komputer IPB yang mewakili Ketua Departemen, sekaligus memaparkan perkembangan pendidikan S2 bidang Ilmu Komputer di IPB.